Kamis, 21 Jun 2018 13:10 WIB

Benjolan Misterius di Wajah Wanita Cantik Ini Ternyata Cacing Parasit

Firdaus Anwar - detikHealth
Bentol di wajah yang bergerak-gerak itu ternyata cacing parasit. (Foto: The New England Journal of Medicine) Bentol di wajah yang bergerak-gerak itu ternyata cacing parasit. (Foto: The New England Journal of Medicine)
Jakarta - Bentol bisa muncul karena berbagai sebab oleh karena itu ketika seorang wanita Rusia menyadari wajahnya memiliki bentol ia tidak terlalu memikirkannya. Namun lama-lama rasa curiga mulai muncul ketika bentol tersebut ternyata bisa berpindah-pindah.

Dalam sebuah rangkaian swafoto sang wanita berusia 32 tahun tersebut mengabadikan perpindahan bentol di wajahnya. Berawal dari bintik kecil di bawah mata, lima hari kemudian pindah ke atas alis, lalu akhirnya sampai ke bibir bagian atas.



Begitu sadar bahwa ini bukan kasus bentol biasa sang wanita menemui dokter mata yang melaporkan kasusnya dalam The New England Journal of Medicine. Setelah diselidiki lebih lanjut ia didiagnosa terkena infeksi cacing parasit Dirofilaria repens.

"Pasien mengaku belakangan ini bepergian ke pedesaan di luar kota Moskow dan mengingat dirinya sering digigit nyamuk. Pemeriksaan fisik menunjukkan adanya bentolan panjang yang bergerak-gerak di bagian kiri kelopak mata," tulis dokter seperti dikutip dari jurnal, Kamis (21/6/2018).

Cacing Diroļ¬laria adalah parasit seperti benang halus yang bisa menyebar lewat gigitan nyamuk. Biasanya cacing menginfeksi mamalia liar seperti anjing, kucing, atau rubah sehingga manusia merupakan inang yang tidak disengaja.

Ketika menginfeksi manusia cacing Dirofilaria akan hidup di bawah kulit tidak bisa bereproduksi. Studi tahun 2014 di International Journal of Infectious Diseases menyebut pasien yang terinfeksi cacing ini mendeskripsikan sensasi seperti ada yang menggeliat-geliat di bawah kulitnya.

Meski terdengar mengerikan pengobatan cacing Dirofilaria sederhana yaitu cukup diangkat lewat operasi kecil. Hal ini yang dilakukan pada pasien wanita dalam kasus hingga dirinya sembuh total.


(fds/up)
News Feed