Kamis, 21 Jun 2018 17:07 WIB

Neymar dan Fraktur Metatarsal yang Menghantuinya di Piala Dunia 2018

Firdaus Anwar - detikHealth
Neymar meninggalkan latihan karena merasa nyeri kaki. (Foto: Hannah McKay/Reuters) Neymar meninggalkan latihan karena merasa nyeri kaki. (Foto: Hannah McKay/Reuters)
Jakarta - Pada Februari lalu Neymar yang bertanding untuk Paris St-Germain dilaporkan mengalami keretakan tulang metatarsal. Metatarsal sendiri adalah kelompok lima tulang panjang di kaki sebelum jari-jari yang memang diketahui rentan cedera pada atlet.

Dikutip dari ESPN saat itu Neymar harus menjalani operasi pada kakinya yang diperkirakan oleh dokter tim Brazil Rodrigo Lasmar butuh tiga bulan untuk sembuh. Tulang metatarsal Neymar dipasang baut untuk membantunya tetap stabil.

Beberapa waktu berlalu di pergelaran Piala Dunia 2018 Neymar dinyatakan bugar hingga bisa tampil penuh dalam pertandingan perdana melawan Swiss Senin (18/6). Berkali-kali Neymar mengalami tekelan keras hingga akhirnya pertandingan berakhir seri.

Nah belakangan Neymar tampak tertatih menahan nyeri pada kaki yang dulu cedera saat sedang latihan bersama timnas Brazil. Akhirnya ia harus meninggalkan lapangan sambil ditemani staf pelatih Brasil.

Menurut American Orthopaedic Foot and Ankle Society (AOFAS) beberapa komplikasi dari fraktur metatarsal memang bisa terjadi. Ketika fraktur tidak dikelola secara benar maka ada risiko untuk terjadi nonunion di mana tulang gagal pulih, tidak bisa menyatu kembali.

Hal tersebut bisa terjadi karena masalah infeksi, kerusakan pada saraf dan pembuluh darah, hingga keretakan berulang akibat beban berlebih.

"Pada kasus keretakan biasa pasien biasanya bisa pulih beraktivitas seperti biasa dalam waktu 3-4 bulan, termasuk berolahraga. Tapi beberapa kasus mungkin membutuhkan terapi cangkok tulang hingga membutuhkan waktu pulih lebih lama," tulis AOFAS seperti dikutip Kamis (21/6/2018).

Terkait Neymar, dr Lasmar meyakinkan para penggemar untuk tidak cemas. Neymar memang merasa nyeri namun tidak serius dan bukan pada titik yang sama seperti cederanya dulu. Neymar sudah menjalani fisioterapi dan dinyatakan cukup bugar untuk turun ke lapangan.
(fds/up)
News Feed