Kamis, 17 Nov 2011 11:04 WIB

Flu Terus Karena Ujung Tongkat Biliar Ada di Hidung 12 Tahun

- detikHealth
Broughton, Lincs - Seorang wanita selalu merasa flu dan sakit kepala konstan selama 12 tahun terakhir tanpa mengetahui apa penyebabnya. Namun setelah terbatuk-batuk keras, ada sebuah ujung tongkat biliar yang keluar dan ternyata telah bersarang dihidungnya selama 12 tahun.

Chantel Faill (31 tahun) mengalami sakit kepala yang konstan, infeksi dan gejala flu yang terus-menerus tanpa diketahui pasti apa penyebabnya. Berbagai pemeriksaan medis telah gagal menemukan penyebab pasti pilek dan nyeri di kepala yang selalu ia rasakan.

Penyebab flu dan sakit kepala konstan akhirnya terungkap setelah ujung tongkat biliar berukuran 2 cm muncul saat Chantel terbatuk keras. Ujung tongkat biliar yang menutupi jaringan di dekat tulang pipi dan hidung ternyata sudah bersarang di tubuh Chantel sejak 12 tahun yang lalu, ketika ia mengalami sebuah kecelakaan di pub pada tahun 1999.
 

 
Saat itu, ibu yang kini memiliki 3 orang anak itu mengalami kecelakaan di pub ketika seorang teman prianya yang sedang memegang tongkat biliar di lekuk lengannya memberi pelukan erat.

Tongkat biliar kemudian menghujam bagian atas mulut Chantel, yang membuatnya harus segera dilarikan ke rumah sakit. Tapi saat itu, petugas medis hanya memberinya obat pereda nyeri.

Seandainya saat itu ia langsung dirontgen, itu akan menunjukkan bahwa ada ujung tongkat biliar yang tertinggal dan menusuk tulang pipi. Ujung tongkat yang berukuran 2 cm tersebut akhirnya menuju sinus sebelum akhirnya pindah ke rongga hidung.

"Ini adalah 'kejutan besar', ketika batuk benda itu keluar," ujar Chantel Faill yang pernah bekerja sebagai pelayan, seperti dilansir Thesun, Kamis (17/11/2011).

Chantel akhirnya menjalani operasi untuk benar-benar membersihkan hidungnya dan kini ia mulai menjalani pemulihan di rumahnya di Broughton, Lincs, dengan pasangannya dan anak-anaknya berusia 9, 6 dan 2 tahun.

"Saya tidak pernah berpikir itu ada hubungannya dengan kecelakaan itu. Pada musim panas saya mengira sakit ini karena saya sedang hamil atau hanya sedang tidak enak badan. Dan di saat musim dingin saya kira ini hanyalah flu biasa. Itu selalu terjadi di salah satu sisi wajah. Hidungku selalu berair atau mampet. Saya selalu merasa ada tekanan di hidung dan saya tidak pernah tahu penyebabnya," jelas Chantel.

Konsultan Mohamed Abbas Ali, dari Scunthorpe Hospital, ini adalah hal yang tidak biasa. Ini adalah pertama kalinya ia mendengar ada ujung tongkat biliar yang masuk ke sinus.

"Ini tidak dapat dilihat pada X-ray (karena sudah masuk lebih dalam), itulah mengapa tidak ada orang yang curiga ada benda asing. Kami menggunakan CT scan untuk melihat di mana itu telah bersembunyi," jelas Mohamed Abbas Ali.
 

 


(mer/ir)
News Feed