Senin, 12 Des 2011 11:05 WIB

Alergi Aneh, Napas si Wanita Bisa Berhenti Bila Dekat Pisang

- detikHealth
Jakarta - Karena alergi aneh yang dideritanya, seorang wanita sudah tak pernah lagi berbelanja di supermarket dan selalu memesan makanan secara online. Ia sangat alergi dengan pisang, bahkan dekat-dekat dengan buah tersebut bisa membuat napasnya berhenti.

Georgina Dixon-Lane (22 tahun) sudah 5 tahun tidak pernah menginjakkan kaki ke supermarket, karena keranjang buah biasanya selalu berada di dekat pintu masuk, termasuk buah pisang.

Georgina bahkan jarang meninggalkan rumahnya karena khawatir bertemu dengan orang yang makan pisang. Berdekatan dengan pisang atau orang yang sedang makan pisang bisa menyebabkan Georgina kejang dan tenggorokannya membengkak, hingga akhirnya napasnya berhenti.

"Saya selalu belanja makanan secara online, saya tidak bisa menginjakkan kaki di supermarket seperti biasanya karena buah berada di dekat pintu masuk. Kalau saya dekat dengan seseorang yang makan pisang dan belum menggosok giginya, saya juga bisa kejang," jelas Georgina Dixon-Lane, seperti dilansir Thesun, Senin (12/12/2011).

Menurut Georgina, dokter memberitahunya bahwa ia alergi dengan lateks alam termasuk pisang, tetapi dokter tidak 100 persen yakin, sehingga ia begitu takut dengan pisang hingga tak mau meninggalkan rumah.

Saat mengalami masa-masa alergi, Georgina pun hamil dan kini memiliki putra berusia 8 bulan bernama Bobby. Kondisi hamil dengan alergi membuat anak Georgina lahir dengan kondisi penyakit idiopathic anaphylaxis.

Bobby juga mengalami alergi terhadap buah-buahan dan sayuran, seperti paprika, kacang-kacangan, roti dan sosis. Dia harus berkonsultasi teratur dengan konsultan imunologi untuk mendapat rencana rincian diet dan kesehatan.

Bahkan saat menikah dengan Christopher (28 tahun), tempat pelaksaan pernikahan pun harus dipesan khusus dengan menyesuaikan kebutuhan makanan.

"Tempat pernikahan kami tidak dibiarkan menyediakan jamuan pisang apapun selama seminggu sebelum kami menikah. Setiap orang bisa makan mewah, tapi saya hanya harus makan nugget ayam, keripik dan kacang-kacangan," jelas Georgina.

Georgina mengatakan kondisi alerginya tergolong aneh karena ia bisa makan pisang di satu hari tanpa merasakan gejala apapun, namun keesokan harinya ia akan mengalami reaksi alergi parah.

"Saya harus bertindak cepat dan memberikan suntikan adrenalin EpiPen untuk menghentikan reaksi alergi. Saya harus membawa itu sepanjang waktu," tutup Georgina.






(mer/ir)
News Feed