Senin, 19 Nov 2012 09:37 WIB

Muka Jadi 'Berantakan' karena Tumor Besar Tumbuh di Wajah

- detikHealth
Wu Qiang (Foto: Rex Feature)
China - Wu Qiang terlahir dengan benjolan kecil di wajahnya. Tapi setelah tujuh tahun yang lalu, tumor yang mulanya kecil makin membesar hingga akhirnya menutupi seluruh area wajah. Wajahnya tampak 'berantakan' karena detail mata, hidung, pipi, bibir, semua tertutup oleh tumor.

Wu Qiang (33 tahun) didiagnosis dengan hemangioma, yaitu tumor jinak dari sel-sel endotel yang melapisi pembuluh darah. Sejak lahir memang benjolan itu sudah ada di wajahnya. Namun semenjak tahun 2005, benjolan tersebut mulai tumbuh dengan cepat dan hanya dalam beberapa tahun kemudian wajahnya sudah benar-benar tertutup tumor yang tak sedap dipandang.

Tumor besar itu bahkan juga tumbuh di atas matanya, yang hampir saja membuatnya kehilangan indra penglihatan. Sekitar 30 persen dari hemangioma biasanya terjadi pada saat lahir, dengan sisanya muncul dalam beberapa bulan pertama kehidupan. Karena jinak, tumor juga bisa menghilang pada usia 10 tahun.

Tapi berbeda dengan kasus kebanyakan, tumor pada wajah Qiang malah tumbuh semakin besar hingga membuat wajahnya tampak mengerikan. Karena malu dengan penampilannya, Qiang pun tak bekerja dan jarang keluar rumah. Beruntung, ia mampu menjalani operasi untuk mengangkat tumor di wajahnya, berkat sumbangan dari masyarakat yang iba melihat kondisinya.

"Dia sekarang dapat merasakan lampu samar-samar, yang baik baginya. Kami akan mencoba sebaik mungkin untuk membiarkannya memiliki kehidupan yang normal," jelas Zhou Fei, kepala bedah di rumah sakit tempat Qiang menjalani operasi, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin(19/11/2012).

Kini harapan terbesar Qiang adalah mendukung kehidupan keluarganya dan menjadi relawan untuk membantu orang lain, tentu saja jika kondisinya sudah sepenuhnya pulih. Hemangioma merupakan tumor jinak yang terjadi pada masa kanak-kanak.

Tumor ini sering disebut sebagai tanda lahir. Tanda lahir ini muncul di permukaan kulit dan ditemukan lebih dalam di bawah permukaan kulit, berwarna merah cerah seperti strawberry dan kadang baru muncul setelah bayi berusia beberapa minggu. Strawberry marks ini akan tumbuh selama 6 bulan pertama, tapi akan mengecil kembali dan hilang saat anak berusia 5-9 tahun.

Hemangioma bisa muncul di lapisan atas atau dalam kulit, atau bahkan campuran keduanya. Kadang-kadang, hemangioma dapat pecah dan menimbulkan rasa sakit. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, perdarahan, jaringan parut atau infeksi. Dalam kasus yang parah, seperti Qiang, tumor ini juga dapat mengganggu pernapasan, makan atau fungsi penting lainnya sehingga harus dirawat.


(mer/vit)