Jumat, 02 Jan 2015 07:05 WIB

Satu dalam Sejuta, Bayi Ini Lahir dengan Tiga Tangan

- detikHealth
Foto: Mirror
Ahmedabad, India - Kasus bayi dempet dan bayi yang lahir dengan lengan atau kaki ekstra seringkali dijumpai di India. Sebagian besar terjadi karena tubuh saudara kembar si bayi tidak tumbuh sempurna lalu menempel pada tubuh saudaranya yang masih hidup atau kembar parasit.

Begitu pula yang terjadi pada bayi laki-laki ini. Bayi yang hanya diketahui berasal dari Bhavnagar ini lahir dengan lengan kanan yang normal, namun lengan kirinya berjumlah dua buah.

Ia diketahui mengalami kondisi langka yang disebut Polymelia. Menurut dokter, kondisi semacam ini sangat langka, karena diperkirakan hanya dapat ditemukan pada 1 dari 1.000.000 bayi.

Polymelia hanya terjadi jika sel-sel tubuh si bayi berkembang secara abnormal ketika bentuknya masih berupa embrio dalam rahim. Tak jauh berbeda dengan mekanisme pembentukan kembar parasit, mulanya embrio si bayi berkembang menjadi dua bayi kembar yang tubuhnya menyatu atau kembar siam.

Hanya saja tubuh salah satu bayi berhenti berkembang, meskipun kaki atau tangannya sudah terbentuk. Akibatnya, kaki atau tangannya menempel pada saudara kembarnya yang berhasil bertahan hidup. Untuk itulah bayi ini lahir dalam keadaan memiliki tangan atau kaki ekstra.

Setelah lahir, bayi yang tidak diketahui identitasnya ini pun dibawa ke rumah sakit setempat, yakni Bhavnagar Civil Hospital. Namun karena kondisinya yang tak biasa, oleh tim dokter yang ada di rumah sakit tersebut putra dari buruh tambang berlian Ramesh Makwana ini dirujuk ke Ahmedabad Civil Hospital di Gujarat, India, yang jaraknya sejauh 200 kilometer dari desa si bayi.

Di rumah sakit ini, tim dokter yang dipimpin oleh Dr Rakesh Joshi, kepala bagian bedah anak bersedia melakukan prosedur untuk mengangkat lengan tambahan yang dimiliki si bayi. Tim dokter mengaku harus ekstra hati-hati dalam menangani si bayi karena usianya sendiri baru dua minggu.

Sebelum operasi dilaksanakan, tim dokter melakukan prosedur CT scan terhadap tubuh si bayi dan di situ ditemukan bahwa bayi ini terlahir dalam keadaan mengidap club foot (kaki tidak berada pada posisi normal), hanya punya satu ginjal, dan salah satu testikelnya melesak masuk ke dalam perut.

"Untuk itu kami akan meluruskan kakinya terlebih dulu dengan gips. Untungnya meskipun ginjalnya hanya satu, kondisi ini takkan mempengaruhi kesehatannya. Ia tetap bisa hidup dengan normal setelah kami angkat lengan tambahannya," tutur Dr Joshi seperti dikutip dari Ahmedabad Mirror, Jumat (1/1/2015).

Prosedur pengangkatan lengan ekstra bayi ini berhasil dilakukan pada tanggal 17 Desember 2014. Kini si bayi sedang berada dalam masa pemulihan dan untuk beberapa tahun ke depan, ia akan diminta menjalani fisioterapi untuk memperbaiki fungsi lengan kiri dan club foot-nya.

Menanggapi hal ini sang ayah mengaku lega dengan keterangan dokter bahwa putra bungsu mereka akan baik-baik saja, dan tumbuh menjadi anak yang sehat.

Salah satu kasus Polymelia yang paling terkenal juga ditemukan di India. Lakshmi Tatma terlahir dengan 8 tangan dan kaki pada tahun 2005. Dua tahun kemudian, tim dokter dari Sparsh Hospital, Bangalore berhasil mengangkat tangan dan kaki ekstra bocah ini.

(lil/up)