Minggu, 10 Mei 2015 15:05 WIB

True Story

Idap Cystic Fibrosis, Nichola Tak Bisa Gemuk Meski Asup 8.000 Kalori Sehari

- detikHealth
Anglesey, Inggris - Makan banyak tapi tidak gemuk-gemuk bisa jadi keinginan sebagian besar orang. Kondisi ini pun dialami Nichola Daintree yang bisa mengonsumsi sampai 8.000 kalori sehari tapi tubuhnya tak kunjung gemuk.

Ya, cystic fibrosis yang diidap Nichola membuat tubuhnya tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya. Bobot Nichola hanya 44 kg meski ia sering mengonsumsi keripik, cokelat, dan makanan ringan lainnya.

"Saya harus mengonsumsi 8.000 kalori sehari untuk menjaga berat badan saya agar saya tidak drop. Dalam seminggu, saya bisa menghabiskan uang sampai Rp 6 juta untuk kebutuhan makan dan untungnya ada bantuan tunjangan dari pemerintah dan juga Foodbank," tutur Nichola.

Baca juga: Idap Penyakit Mematikan, Dua Bersaudara Berikan Tawa untuk Pasien Lain

Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (10/5/2015), Nichola akan memulai harinya dengan sarapan bacon, sosis, telur, dan tomat. Untuk menu makan siang, ia mengonsumsi sandwich, cokelat, atau keripik. Baru di malam harinya, ia mengasup lebih banyak protein berupa dua potong dada ayam ditambah dengan keripik dan cokelat.

"Selain makan sandwich, bacon, dan sereal, saya juga memilih makanan ringan seperti kue, biskuit, dan buah. Ini saya lakukan bukan karena saya doyan makan tetapi untuk mempertahankan kekuatan tubuh saya," imbuh Nichola.

Cystic fibrosis membuat fungsi pankreas, hati, ginjal, dan usus Nichola terganggu. Ketika kondisinya menurun, kadang Nichola hanya bisa berbaring di tempat tidur. Selain itu, Nichola juga mengalami sarkoidosis yang menyebabkan timbulnya jaringan berwarna merah dan bengkak atau disebut juga granuloma yang kerap timbul di organ tubuhnya.

Cystic fibrosis merupakan suatu kelainan genetik yang menyebabkan organ internal terutama paru-paru dan sistem pencernaan tersumbat lendir lengket dan tebal. Akibatnya, bisa timbul infeksi kronis dan radang. Dalam keseharian, pasien cystic fibrosis memang tampak sehat meskipun mereka harus mengonsumsi kalori cukup banyak, minum obat dengan rutin, dan menjalani fisioterapi.

Baca juga: Sudah Makan 60 Kali Sehari, Tubuh Lizzie Tak Bisa Serap Lemak



(rdn/up)