Rabu, 20 Apr 2016 10:33 WIB

Kisah Hunter, Kembali Pede Setelah Hampir 10 Tahun Berwajah Tak Sempurna

Hillariana Ikhlash Devani - detikHealth
Foto: CNN Foto: CNN
Jakarta - Pada tahun 2001, Mitchell Hunter (35) tersengat listrik 10.000 volt. Insiden itu membuat wajahnya mengalami luka bakar yang parah. Akibatnya, wajah Hunter tak lagi sempurna. Hingga di tahun 2011, ia menjalani transplantasi wajah.

Kini, lima tahun pasca transplantasi itu dilakukan, Hunter sudah percaya diri menceritakan kisah tentang kehidupannya yang baru setelah mendapat transplantasi wajah. Ia mengatakan merasa sehat seperti saat berumur 21 tahun dan merasa gembira.

"Lebih mudah untuk pergi ke luar dan saya tidak mendapatkan banyak perhatian. Saya hanyalah salah satu wajah di antara banyak wajah, dan ini semua yang saya inginkan," kata Hunter dalam interviewnya dengan CNN Indianapolis affiliate WISH.

Hunter menceritakan, insiden yang ia alami di tahun 2001 bermula dari kecelakaan mobil. Kemudian, dia tersengat listrik 10.000 volt. Kejutan listrik itu menyebabkan dia kehilangan wajah dan kakinya. Walaupun kecelakaan itu sangat mengerikan, Hunter beruntung karena tidak menerima efek negatif yang lain.

"Saya melihat kecelakaan itu sebagai pelajaran hidup yang menguatkan saya. Maksud saya, saya tentu menginginkan kaki dan wajah saya kembali, tapi jika kecelakaan itu tidak terjadi. Saya tidak akan menjadi seseorang seperti sekarang," jelas Hunter saat ditanya tentang perasaannya ketika mengalami kecelakaan yang merenggut wajah dan kakinya.

Baca Juga: Transplantasi Kembalikan Wajah Patrick yang Nyaris 'Rata' Akibat Luka Bakar

Harapan tumbuh bagi Hunter saat dia berkesempatan melakukan operasi transplantasi wajah di tahun 2011. Hunter yang merupakan pasien transplantasi wajah kedua di Amerika Serikat ini menjalani operasi selama 14 jam. Operasi ini memberi Hunter hidung, kelopak mata dan otot-otot wajah animasi, serta saraf. Sekarang, Hunter bahkan dapat merasakan sensasi di kulitnya.

"Panas, dingin, sakit, gelitikan, gosokan di jenggot, ciuman di wajah saya, saya bisa merasakan semuanya. Ini menakjubkan, ketika saya dapat merasakan itu datang kembali," ucap Hunter.

Hunter juga mengatakan bahwa dia mampu hidup normal kembali. Bahkan, Hunter bekerja setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Tak hanya itu, kini Hunter tak malu lagi jika harus mengantar anak-anaknya ke bioskop di hari Minggu.

Hunter sangat bersyukur atas keberhasilan operasinya dan dia mendorong orang lain untuk mempertimbangkan menjadi donor transplantasi wajah. Menurut Hunter, transplantasi wajah bisa memberi kesempatan bagi orang lain untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

"Dan saya pikir ini pilihan yang layak dipertimbangkan," ucap Hunter saat mengakhiri kisahnya.

Baca Juga: Terharu! Pria Ini Bertemu Keluarga Donor 'Wajah Barunya (rdn/vit)
News Feed