Selasa, 12 Des 2017 18:50 WIB

Cerita Heroik Suami Gendong Istrinya yang Sakit di Rawa Penuh Buaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ABC Australia
Jakarta - Allan Di-Prima dan istrinya Zerena Di-Prima dari Darwin, Australia, beberapa waktu lalu tengah berlibur memancing di tengah rawa Leaders Creek saat tiba-tiba saja muncul kejadian tidak terduga. Sejenis lalat yang disebut march flies menggigit Zerena, menyebabkan dirinya hilang kesadaran.

"Jempol saya digigit dan rasanya sakit sekali, lebih dari biasanya. Seluruh tubuh saya mulai gatal-gatal dan muncul ruam. Saya mulai sedikit ketakutan, sulit melihat jelas," kenang Zerena seperti dikutip dari ABC Australia, Selasa (12/12/2017).

Baca juga: Disengat Lebah, Pria Ini Kena Serangan Jantung Sampai Meninggal

Sementara itu sang suami, Allan, berusaha tetap tenang dan mencoba menjaga kesadaran Zerena. Ia menyiramkan air dingin ke tubuh Zerena yang tengah kejang sambil menyetir perahu untuk kembali ke darat.

"Tapi sayangnya dengan kondisi air yang sedang surut saya tahu tidak ada jalan bagi perahu bisa sampai ke darat. Saya langsung masuk ke mode bertahan hidup berusaha mencari cara untuk bisa kembali dan meminta pertolongan," kata Allan.

Akhirnya Allan memutuskan untuk turun dari perahu berjalan sekitar 700 meter dari tengah rawa berlumpur ke darat sambil menggendong Zerena.

Daerah Leaders Creek diketahui sebagai area habitat natural buaya air asin.

"Lumpurnya setinggi lutut dan saya berusaha membawa Zerena sambil mengawasi beberapa batu atau lubang yang mungkin bisa jadi tempat buaya bersembunyi. Dan karena saya sudah menghabiskan seluruh air untuk Zerena, saya dalam kondisi kering kehausan," ungkap Allan.

Cerita Heroik Suami Gendong Istrinya yang Sakit di Rawa Penuh BuayaZerena langsung dilarikan ke rumah sakit dengan helikopter di mana dokter mendiagnosanya dengan reaksi alergi hebat/Foto: ABC Australia


Beruntung keduanya dapat sampai ke daratan dengan selamat. Zerena langsung dilarikan ke rumah sakit dengan helikopter di mana dokter mendiagnosanya dengan reaksi alergi hebat. Nyawa Zerena pada akhirnya berhasil diselamatkan.

"Kemungkinan protein asing pada liur lalat yang menjadi pemicu reaksi alergi parah," ujar seorang ahli serangga Peter Whelan mengomentari kasus.

Baca juga: Lakukan Begini Jika Digigit 8 Serangga Ini (hrn/up)