Rabu, 27 Des 2017 12:09 WIB

Berawal Sebesar Jerawat, Tumor Ini Tutupi Wajah Remaja dari Kuba

Firdaus Anwar - detikHealth
Emanuel bersama orang tuanya. (Foto: ABC Australia) Emanuel bersama orang tuanya. (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Dokter di Florida, Amerika Serikat, berencana untuk mengangkat tumor seberat 4,5 kilogram (kg) dari wajah seorang remaja laki-laki asal Kuba. Tumor tersebut mengancam jiwanya karena berisiko mematahkan leher dan menutup saluran napas.

Emanuel Zayas (14) diketahui mengalami tumor tersebut karena memiliki kondisi langka bernama polyostotic fibrous dysplasia. Orang dengan polyostotic fibrous dysplasia tulangnya bisa tergantikan oleh jaringan parut sehingga mudah untuk retak atau berubah bentuk.

Baca juga: Derita Bintang, Bocah 7 Tahun Idap Tumor di Gusi

Pada kasus Emanuel tumor wajahnya bermula dari apa yang tampak seperti jerawat biasa. Hanya saja dalam jangka waktu beberapa bulan 'jerawat' tersebut terus tumbuh dengan cepat hingga kini nyaris menutupi seluruh wajah.

Ahli bedah mulut dan maksilofasial dr Robert Marx dari University of Miami Health System mengatakan tumor Emanuel perlu segera diangkat karena sudah terlalu besar dan berat.

"Tumor ini bisa mengancam nyawa dilihat dari beratnya," kata dr Robert seperti dikutip dari ABC, Rabu (27/12/2017).

Diperkirakan operasi pengangkatan tumor akan membutuhkan waktu hingga 12 jam. Setelah itu Emanuel masih perlu operasi lanjutan untuk merekonstruksi beberapa fitur wajah.

Baca juga: Mulut Pria Ini Penuh Tertutup Tumor, Begini Kondisinya Pasca Operasi (fds/up)
News Feed