Selasa, 03 Jul 2018 17:40 WIB

TRUE STORY

Keterbatasan Fisik Tak Halangi Yayang Gunaya Jadi Atlet Tenis Meja

Christantio Utama - detikHealth
Atlet difabel tenis meja Indonesia saat berlaga di Indonesia Para Games 2018 Invitational Tournament. Foto: Aisyah/detikHealth
Jakarta - Manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, begitu juga atlet difabel asal Indonesia Yayang Gunaya yang berlaga di Indonesia Para Games 2018.

Yayang merupakan seorang atlet tenis meja yang lahir pada 1 Mei 1996 di Garut, Jawa Barat. Dia mulai bergelut di olahraga tenis meja semenjak kelas 5 SD, namun pada tahun 2013 ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya harus menggunakan kursi roda.

"Dari kelas 5 SD saya sudah menjadi atlet tenis meja secara normal, tetapi pada tahun 2013 saya mengalami kecelakaan dan sempat berhenti bermain. Lalu pada 2015 saya kembali menjadi atlet difabel Indonesia," tuturnya saat ditemui detikHealth di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.



Walaupun sempat berhenti selama beberapa tahun, ternyata ini tidak membuat Yayang berhenti berusaha. Dukungan dari keluarga khususnya sosok seorang ibu menjadi alasan utama ia tidak putus asa.

"Saya sempat takut untuk pergi kemana-mana karena minder, tetapi karena ada dorongan yang kuat dari kedua orang tua jadi saya memutuskan untuk mencoba kembali," ujarnya.

Kedepannya, Yayang juga akan mewakili Indonesia dalam Asian Paragames 2018 yang dilaksanakan di Indonesia. Ia mengaku akan terus berlatih keras agar bisa mendapatkan medali emas yang dia impikan.

Doakan Yayan untuk meraih mimpinya ya!

(Christantio Utama/ask)