Kamis, 12 Jul 2018 16:27 WIB

True Story

Richard Harris, Dokter Penyelam yang Terakhir Keluar dari Gua Thailand

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: OZTEK via Richard Harris Foto: OZTEK via Richard Harris
Jakarta - Seorang dokter yang memiliki keahlian cave-diving atau selam gua merupakan kombinasi yang langka. Dr Richard Harris menjadi salah satu yang memilikinya dan juga berperan besar dalam proses penyelamatan 12 remaja pesepakbola dan pelatihnya di Thailand.

Dr Harry, begitu ia kerap disapa, merupakan dokter anestesi asal Adelaide, Australia yang kebetulan saat itu sedang berlibur di Thailand. Begitu mendengar ada 13 orang terjebak di dalam gua Tham Luang, ia meninggalkan liburannya dan menawarkan diri untuk membantu mereka.

Ia masuk ke dalam gua, ditemani rekan penyelamnya, seorang dokter hewan dari Perth bernama Craig Challen, dan tetap berada di situ selama tiga hari untuk mengawasi kesehatan para remaja tersebut. Dan ia menginstruksikan untuk mengeluarkan bocah yang kesehatannya lemah terlebih dahulu.

Saat penyelamatan di ThailandSaat penyelamatan di Thailand Foto: OZTEK via Richard Harris


Sebagai salah satu penyelamat yang terakhir keluar dari gua, ia mengaku merasa lega dan merayakannya bersama yang lain. Tapi baginya kebahagiaan itu tak berlangsung lama, pada Rabu (11/7/2018) kemarin ia mendapat kabar bahwa ayahnya meninggal setelah penyelamatan itu usai.


Tonton juga 'Dokter Ini Dapat Kabar Duka Usai Selamatkan 12 Remaja Thailand':



Menurut pemerintah Australia, Dr Harry secara spesifik diidentifikasi oleh para penyelam Inggris dan bahkan dimintai tolong secara khusus oleh para 'petinggi' di pemerintahan Thailand untuk bergabung dalam penyelamatan tersebut.

"Ia adalah bagian penting dari percobaan penyelamatan tersebut," ungkap Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, seperti dikutip dari BBC.

"(Para warga Australia) benar-benar membantu, terutama para dokter. (Dr Harry) Sangat bagus. Terbaik," kata pemimpin misi penyelamatan, Plt Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osotanakorn.

Pujian baginya membanjiri media sosial. Beberapa bahkan ada yang mengusulkan Dr Harry untuk dianugerahi gelar Australian of The Year yang merupakan gelar tertinggi bagi warga sipil di Australia.


Ia adalah penyelam berpengalaman yang keahliannya cukup terkenal di dunia dan juga seorang fotografer underwater. Bahkan ia juga telah menyelesaikan beberapa ekspedisi cave-diving di Australia, Selandia Baru, Pulau Natal dan Cina.

Di tahun 2011, ia pernah melakukan satu ekpedisi yang cukup tragis. Yakni mencari tubuh kawannya, bernama Agnes Milowka, yang meninggal akibat kehabisan oksigen saat cave-diving di selatan Australia.

Menlu Bishop juga menyebut Dr Harry dikenal oleh para pihak berwenang terkait pekerjaannya pada tim media pendamping pada bencana alam di daerah Pasifik. Ia juga telah ikut bagian dalam misi bantuan Australia di Vanuatu.

"(Dia) adalah warga Australia yang luar biasa dan telah membuat perbedaan besar pada usaha penyelamatan di Thailand," lanjutnya.

Dr Harry bersama rekan-rekan dokter pasca penyelamatan di Thailand.Dr Harry bersama rekan-rekan dokter pasca penyelamatan di Thailand. Foto: Australia Plus ABC


Dr Harry dan rekannya, Dr Challen merupakan bagian dari tim penyelamat berjumlah 20 orang dari Australia yang termasuk polisi dan penyelam angkatan laut. Keduabelas remaja dan pelatihnya sukses diselamatkan setelah misi yang dilakukan dalam tiga tahap sejak Minggu (8/7/2018) lalu.


Richard Harris, Dokter Penyelam yang Terakhir Keluar dari Gua Thailand
(frp/up)
News Feed