Kamis, 06 Sep 2018 10:01 WIB

Kisah Wanita yang Dipenuhi 1.000 Tumor di Tubuhnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Gail Applegren memiliki lebih dari 1000 tumor di sekujur tubuhnya. Foto: YouTube/Sky Net Gail Applegren memiliki lebih dari 1000 tumor di sekujur tubuhnya. Foto: YouTube/Sky Net
Jakarta - Gail Applegren menjadi seorang yang istimewa juga unik karena kekurangannya. Ia memiliki lebih dari 1000 tumor di sekujur tubuhnya.

Wanita berusia 57 tahun ini telah berjuang seumur hidup dengan neurofibromatosis, yaitu suatu kondisi kelainan genetik yang menyebabkan pertumbuhan sel terganggu sehingga muncul tumor-tumor pada jaringan sarafnya.

Ini bemula saat usianya 12 tahun, ada satu tumor besar di dadanya. Kemudian muncul bintik-bintik yang terus tumbuh menjadi benjolan. Benjolan pun membesar hingga berukuran 30 sentimeter.

Gail asal Kanada ini pun pernah menjalani beberapa kali operasi pengangkatan tumor. Namun tumor terus tumbuh dan prosedur operasinya dapat mengancam jiwa.

"Itu (tumor) sangat besar sehingga tidak bisa diangkat sampai ke akar, jadi harus operasi untuk kedua kalinya," ujar Gail dikutip dari Metro.



Seiring waktu berjalan, tumor pun semakin tumbuh banyak menutupi kulitnya. Bahkan Gail mengaku tidak bisa menghitung jumlah tumor yang dimilikinya.

"Ketika aku melihat satu tanganku, aku menghitung ada 180 dari pergelangan tangan ke atas, tetapi yang lain mungkin dua kali lipat dari jumlah itu," tuturnya.

"Yang terbesar ada di perutku dan yang lain berkisar dari satu dua kali ukuran kepalan tanganku hingga lebih kecil dari itu," imbuh Gail.

Yang menarik, Gail tidak malu dengan tumornya itu. Ia tidak menutupinya, membiarkan tumor-tumor itu terlihat oleh siapa saja. Kondisinya ini tidak membuat Gail patah semangat untuk menjalani hidup.



Sayangnya, banyak stigma dari orang-orang yang melihatnya. Mereka beranggapan bahwa penyakit yang diidap Gail adalah penyakit menular.

Gail mengatakan ada saja orang dewasa yang memintanya untuk tidak berenang di kolam renang umum, menyentuhnya, dan bahkan menghindar dari duduk di sebelahnya. Namun Gail tidak mempermasalahkan itu.

"Ini adalah sesuatu yang telah aku urus sepanjang hidupku, tetapi aku ingin mengatakan bahwa aku tidak menular," tegasnya.

Saat ini Gail sudah menikah dengan pria idamannya, Tim Golumbia (55) yang selalu berada di sampingnya. Tahun ini, mereka merayakan hari jadi pernikahan keempat.

"Aku menjalani hidup setiap hari sepenuhnya, karena semakin tua semakin banyak komplikasi, tetapi aku adalah orang yang bahagia dan aktif," tutupnya.

(wdw/up)
News Feed