Rabu, 31 Okt 2018 11:40 WIB

Gara-gara Pakai Lensa Kontak untuk Halloween, Gadis Ini Jadi Buta 4 Hari

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi gadis memakai lensa kontak berwarna. Foto: Thinkstock Ilustrasi gadis memakai lensa kontak berwarna. Foto: Thinkstock
Jakarta - Perayaan Halloween di beberapa negara dirayakan setiap tanggal 31 Oktober. Banyak orang yang mengenakan pakaian dan rias yang menyeramkan, seperti hantu atau tokoh menyeramkan lainnya.

Peryaan ini seharusnya menyenangkan, namun tidak Emilie Turcotte dari Kanada. Gadis berusia 11 tahun ini menjerit dan menangis karena merasa matanya seperti terbakar.

Ibunya, Julie segera membawanya ke rumah sakit dan dokter mengatakan bahwa lensa kontak yang dipakainya telah merusak kornea matanya hingga menginfeksi kulit di sekitar mata.

Padahal, Emilie hanya memakai lensa kontak selama empat jam. Namun nahas ia harus mengalami kebutaan selama empat hari.

"Semua ini karena lensa kontak Halloween," ujarnya dikutip dari Daily Mail.



Dokter mengatakan bahwa lensa kontak bertindak seperti cangkir pengisap di sekitar kornea mata dan merobek sel-sel jauh. Bukan hanya itu, Emilie didiagnosis dengan selulitis periorbital, yaitu infeksi pada kelopak mata dan kulit di sekitar mata. Ini terjadi ketika bakteri masuk ke mata dan menyerang jaringan lunak di sekitarnya.

Emilie pun bertanya-tanya apakah ia akan buta selamanya. Beruntungnya, kondisi matanya berangsur membaik. Namun dokter memperingatkan Emilie bahwa ia harus memakai kacamata hitam selama sebulan agar kornea matanya bisa sembuh.

Pada saat itu, yang memakai lensa kontak dengan jenis yang sama bukan hanya Emilie, ada lima anak lain yang memakainya tetapi tidak mengalami masalah medis seperti yang dialami Emilie.

Beberapa optometris di Kanada meminta lensa kontak berwarna dilarang digunakan kecuali diperlukan untuk tujuan medis.

"Ini adalah produk medis dan harus diperlakukan seperti itu," kata ketua Asosiasi Dokter Mata Quebec di Kanada, Eric Poulin.

Julie pun lebih vokal mengenai pemakaian lensa kontak. Menurutnya, semua orang tua harus waspada tentang apa yang terjadi pada anaknya.

"Ketika kamu kehilangan matamu, mereka tidak bisa diganti," tegasnya.




Tonton juga 'Wow! Ada Lensa Kontak untuk Menemukan Jodoh':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed