Sabtu, 10 Nov 2018 06:38 WIB

True Story

Inspirasi Reza Nangin, Bangkit dari Depresi dan Kecanduan Narkoba

Annissa Widya Davita - detikHealth
Reza Nangin mengaku pernah kecanduan narkoba (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth) Reza Nangin mengaku pernah kecanduan narkoba (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth)
Jakarta - Melihat kesuksesan Reza Nangin sebagai aktor dan video blogger sekarang, rasanya tak terbayang masa lalunya yang terbilang kelam. Pernah kecanduan narkoba, sempat depresi dan bahkan nyaris bunuh diri.

Masa lalu Reza yang kelam berawal dari keretakan rumah tangga kedua orang tua di masa kecil. Keterpurukan yang bertubi-tubi membuatnya berkenalan dengan rokok sejak kelas 6 SD, sebelum berlanjut jadi pemakai narkoba.

"Awalnya gue ngerokok tuh diem-diem, eh lama-lama dibolehin nyokap," tutur Reza, kepada detikHealth, saat ditemui di acara Duta Anti Narkoba Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, Tangerang, Rabu (7/11/2018).

Berawal dari rokok, Reza lalu coba-coba minum alkohol. Lama-lama, ia memakai sabu dan obat-obat stimulan seperti ekstasi. Namun semuanya itu tak membuat Reza menemukan ketenangan, sebaliknya ia jadi merasa hidupnya semakin tak terarah.

"Nah posisinya di situ gue mau ambil minum, gue berdiri, terus buka pintu, eh gue nggak sadar aja gitu tiba-tiba pandangan gue gelap dan gue kegeletak di lantai sampai tengah malam," tambahnya.


Titik baliknya adalah ketika ia menemukan kembali semangat hidupnya.Titik baliknya adalah ketika ia menemukan kembali semangat hidupnya. Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth


Di masa-masa sulit itu, Reza sempat mengalami depresi. Ia bahkan sempat terpikir untuk mengakhiri hidupnya, yang saat itu terasa seperti tidak punya tujuan.

"Di satu sisi gua juga depresi dan ingin bunuh diri, tapi kasihan sama adek gue karena dia perempuan dan kita cuman berdua aja," pungkas Reza.

Tahun 2003 menjadi titik balik yang mengubah kehidupan Reza. Suatu hari ia pergi ke gereja, lalu bertemu seorang pendeta yang menguatkan dirinya. Perasaan dihargai dan dicintai membuatnya bangkit dan mendapatkan lagi motivasi untuk memperbaiki hidup.

Nggak mudah tentunya. Berkali-kali ia jadi tergoda untuk kembali menggunakan narkoba, bahkan menjadi incaran aparat karena saking dekatnya ia dengan beberapa bandar narkoba. Namun keinginan kuatnya untuk menjadi seseorang yang lebih baik, mengatasi itu semua.

Reza kini menjalani aktivitasnya sebagai content creator, aktor, juga video blogger. Menjalani hidup dengan penuh syukur, Reza mengajak siapapun untuk selalu memberikan dukungan pada orang lain yang ingin berubah menjadi lebih baik.

"Penting banget untuk nggak nge-judge dan butuh kesabaran aja dari diri kita untuk menghadapi orang yang jadi pemakai," pesan Reza.

Semangat terus, dan sehat selalu, ya Reza!

(up/up)
News Feed