Kamis, 06 Des 2018 18:44 WIB

Jadi yang Termuda, Bocah 3 Tahun Ini Sudah Idap Kanker Payudara

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi anak mengidap kanker payudara. Foto: Thinkstock Ilustrasi anak mengidap kanker payudara. Foto: Thinkstock
Jakarta - Biasanya kanker payudara diidap oleh wanita dewasa. Namun di Cina, ada seorang bocah berusia tiga tahun yang sudah mengidap kanker yang disebut-sebut mematikan itu.

Ia bernama Yan Yan, yang pada bulan Maret lalu ibunya menemukan noda merah dan ada benjolan kecil di dada kiri putrinya. Ibunya sering menemukan noda merah itu dan mulai berpikir bahwa ada yang tidak beres dengan putrinya.

"Ketika berganti pakaian, saya menemukan 'titik merah kecil' dan saya berlari untuk mencari tahu," kata ibu Yan Yan dikutip dari thepaper.cn.

Ibunya pun membawa Yan Yan ke rumah sakit untuk menjalankan pemeriksaan. Namun beberapa dokter hanya mengatakan bahwa adanya kemungkinan pubertas lebih awal. Namun sang ibu tidak puas dengan jawaban dokter.



Mencari ke sana ke mari, ibunya pun bertemu dengan Prof Tang Jinhai dari Rumah Sakit Jiangsu. Prof Jinhai seketika menebaknya adalah sebuah tumor yang kemungkinan merupakan kanker payudara.

Yan Yan pun sesegera mungkin melakukan biopsi. Hasil dari biopsi pun membenarkan kecurigaan Prof Jinhai. Yan Yan didiagnosis Secretory Breast Carcinoma (SBC), yaitu kanker payudara yang cukup langka.

Menurut Prof Zhang Zhihong dari Departemen Patologi RS Jiangsu, penyebab kanker payudara jenis ini masih belum dapat diketahui namun lebih terkait dengan translokasi genetik.

Operasi pun segera dilakukan untuk menghilangkan benjolan di dada kiri si kecil itu. Dan operasinya berjalan lancar mengingat kanker ditemukan masih dalam tahap awal.

Yan Yan pun menjalani perawatan intensif untuk pemulihan kondisinya.



(wdw/kna)
News Feed