Jumat, 07 Des 2018 13:55 WIB

Pria Ini Tetap Sadar Saat Operasi Tumor Otak, Apa Rasanya Ya?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi operasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi operasi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang pria asal Greater Manchester, Inggris, James Hinnigan (39) mengidap tumor otak dan mengharuskan bapak dari dua anak ini menjalani operasi.

Operasi pengangkatan tumor yang ditawarkan dokter menggunakan iKnife dan laser sehingga prosedur pengangkatan tumor lebih cepat dan akurat. James pun menjalankan operasi itu pada Maret 2016 lalu.

Yang mengejutkan, dikutip dari Daily Mail, James tetap sadar selama prosedur operasi berlangsung. Ia hanya ditidurkan sementara saat ahli bedah membuka tengkoraknya. Kemudian ia disadarkan kembali saat proses pengangkatan tumor di otaknya.

Selama prosedur operasi berlangsung, James disuruh berhitung sampai 13 dan diajak berbicara dengan perawat. Prosedur operasi itu pun direkam dalam sebuah video.

"Mereka membangunkan saya selama prosedur dan berbicara kepada saya, para ahli bedah menilai berapa banyak jaringan (tumor) yang dapat mereka mengganggu saya berbicara," kata James.



James merasa cukup nyaman dengan tetap berbicara dengan perawat, sementara para ahli bedah telah berhasil mengangkat tumor di otaknya.

"Jangan kembali dan jangan bawa teman-temanmu," teriak James dalam video operasinya saat tumor di otaknya telah diangkat.

"Saya juga sedikit emosional selama video itu karena saya sangat bersyukur menjalani operasi yang menyelamatkan nyawa," tuturnya.

Operasi berjalan dengan lancar, tumor di otaknya telah hilang. Namun James harus tetap menjalani pemeriksaan scan setiap enam bulan sekali. Hingga kini, ia dinyatakan terbebas dari tumor.




(wdw/kna)
News Feed