Jumat, 01 Feb 2019 17:05 WIB

Tak Sengaja Telan Tusuk Gigi, Atlet Muda Ini Nyaris Tewas

Firdaus Anwar - detikHealth
Hati-hati kalau kamu menggunakan tusuk gigi. (Foto: thinkstock) Hati-hati kalau kamu menggunakan tusuk gigi. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang remaja 18 tahun dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine mengalami kasus tidak biasa melibatkan tusuk gigi. Benda yang biasa dipakai untuk membersihkan gigi itu merusak tubuhnya menyebabkan pendarahan serius ketika tidak sengaja tertelan.

Semua bermula ketika sang remaja yang terdaftar sebagai atlet profesional berkunjung ke daerah tenggara Amerika Serikat (AS). Di tengah perjalanan ia mengeluh sakit perut, demam, dan diare hebat hingga harus dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).



Namun dokter tidak menemukan apa-apa setelah cek darah dan CT scan sehingga sang remaja dikembalikan ke hotelnya. Kondisi yang sempat membaik kembali parah ketika dua minggu kemudian dirinya pergi ke daerah barat AS.

Kali ini sang remaja mengeluh nyeri pinggang, demam, dan buang air besar berdarah tak berhenti. Analisa laboratorium menemukan kalau ia mengalami infeksi bakteri di darah.

"Kultur darah yang telah diambil 11 jam sebelumnya mengungkapkan Klebsiella pneumoniae dan gram positif cocci. Tes diagnostik dilakukan," tulis dokter dalam jurnal seperti dikutip pada Jumat (1/2/2019).

Dokter di Massachusetts General Hospital terkejut ketika akhirnya menemukan sebatang tusuk gigi berukuran lima sentimeter menancap di dinding usus. Ketika dicabut ternyata tusuk gigi dalam kondisi sudah menembus arteri sehingga sang remaja mengalami perdarahan berbahaya. Beruntung dokter masih bisa menyelamatkan nyawanya dengan operasi darurat.

Tusuk gigi kayu memang dikenal cukup berbahaya ketika tertelan karena 80 persen orang yang pernah melakukannya bisa mengalami luka sobek di usus. Menurut peneliti Jerman sekitar 10 persen bahkan meninggal karena komplikasi.

Pada kasus sang remaja setelah terapi selama beberapa bulan dirinya bisa pulih dan kembali bertanding.

(fds/up)