Senin, 04 Mar 2019 14:53 WIB

Dikira Sakit Perut Biasa, Dokter Temukan 1,5 Kg Rambut dalam Perutnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dokter mengeluarkan gumpalan rambut melalui operasi bedah (Foto: thinkstock) Dokter mengeluarkan gumpalan rambut melalui operasi bedah (Foto: thinkstock)
Jakarta - Dokter di Donghua Hospital Guangdong, China, merawat gadis berusia 8 tahun yang mengeluh sakit perut. Setelah diperiksa, ternyata dokter menemukan adanya gumpalan rambut yang sangat banyak di perutnya.

Gadis yang bernama Feifei ini kemudian menjalani operasi untuk mengangkat gumpalan rambut yang ternyata memiliki berat 1,5 kg. Feifei mengaku mulai memakan rambutnya sendiri saat berusia 2 tahun.

Feifei memberi tahu ibunya bahwa dia telah menghentikan kebiasaan itu pada awal 2019. Tetapi pada awal Februari, dia jatuh sakit selama seminggu dengan gejala muntah dan sakit perut yang parah.

Dikutip dari mirror.uk, setelah itu Feifei dilarikan ke rumah sakit oleh ibunya dan dr Tang Shilong melakukan pemeriksaan pada lambungnya tetapi tidak menemukan sisa makanan apapun.



dr Tang Shilong kemudian terkejut ketika melakukan CT scan dan menemukan benjolan besar rambut kusut dengan sisa makanan yang tidak dapat dikeluarkan melalui endoskopi.

"Gumpalan rambut ini pasti sudah ada di perut selama bertahun-tahun. Kebiasaan makan rambut adalah gejala khas pica, kelainan makan yang membuat orang cenderung makan benda-benda non-gizi," jelasnya.

Setelah menjalani operasi, Feifei akhirnya berangsur pulih dan mulai memakan makanan yang sehat. Adanya hal ini membuat dokter selalu mengingatkan orangtua agar selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh anak mereka.

(kna/up)