Kamis, 16 Mei 2019 14:25 WIB

Sehati, Suami Istri Ini Sama-sama Didiagnosis Tumor Otak

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi pasangan suami istri mengidap kanker. Foto: thinkstock Ilustrasi pasangan suami istri mengidap kanker. Foto: thinkstock
Jakarta -
Kisah mengharukan datang dari sepasang suami istri di Florida yang sama-sama didiagnosis tumor otak hanya dalam waktu empat bulan. Grady Elwell (42) dan istrinya Beth Kassab (40) benar-benar sangat sehati.
Pada bulan Maret 2018, Elwell didiagnosis tumor otak ganas yang langka dan membutuhkan pengobatan operasi, kemoterapi, dan radiasi. Saat suaminya melakukan pengobatan, Kassab merasa sakit dan telinganya berdenging selama beberapa minggu terakhir.
Kassab mengira ada infeksi yang menyerang telinganya, ia memeriksakan dirinya ke dokter THT. Ia pun menjalani pemindaian MRI dan menunjukkan adanya meningioma, atau tumor meninges yang merupakan jaringan mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.
Empat bulan setelah diagnosis suaminya, Kassab juga didiagnosis tumor otak karena adanya tekanan pada saraf kranial.
"Kami berjalan keluar dari kantor dokter dan masuk ke mobil kami. Kami hanya duduk diam," tulis Kassab di Orlando Sentinel, di mana ia menjadi editor media tersebut.
Ahli bedah saraf Kassab, dr Mel Field dari Orlando Neurosurgery mengatakan bahwa ia dan suaminya adalah pasangan yang dikenalnya dengan tumor otak yang terjadi di waktu yang sama. dr Field tidak percaya bagaimana tumor mereka bisa terhubung.
"Secara teori, peluangnya bukan nol. Tapi itu sangat luar biasa terjadi," ungkap ahli bedah saraf Elwell di UF Health di Gainesville, dr Maryam Rahman.
Kassab pun menjalani operasi Gamma Knife, suatu pengobatan radiasi dosis tingi ke area tumor dengan presisi pisau bedah. Sementara Elwell menjalani beberapa operasi dan menyelesaikan kemoterapi juga perawatan radiasi.


(wdw/up)