Minggu, 19 Mei 2019 18:35 WIB

Kaki Tersangkut di Mesin, Petani Ini Gunakan Pisau Saku untuk Memotong

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi amputasi kaki. Foto: Getty Images Ilustrasi amputasi kaki. Foto: Getty Images
Jakarta - Kurt Kaser (63), seorang petani asal Nebraska terpaksa melakukan keputusan yang akan mengubah hidupnya selamanya. Saat sedang mengangkut karung berisi jagung, ia tak sengaja menginjak mesin penggiling biji dan menjebak kaki kirinya.

Tentu nahas baginya, kaki kiri Kurt tersangkut dalam mesin tersebut dan menggiling kakinya. Dikutip dari Reuters, ia mengaku tak tahu harus berbuat apa karena ketakutan mesin itu akan semakin menyedotnya dan menggiling tubuhnya hidup-hidup.

"Aku nyaris menyerah. Aku tak bisa menemukan ponselku dan tentu percuma berteriak di tengah-tengah kebun seluas 600 hektar," tutur pria yang telah bekerja sebagai petani seumur hidupnya ini.


Akhirnya ia membuat keputusan akhir saat mesin tersebut telah melepas kakinya namun tetap tersangkut. Ia mengeluarkan pisau sakunya dan mulai memotong kakinya, 20 sentimeter di bawah lutut untuk membebaskan diri.

"Saat aku memotongnya, aku bisa merasakan saraf-sarafnya seakan menyetrum. Akhirnya aku bisa membebaskan diriku," katanya lagi.

Usai terbebas dari 'jebakan maut' tersebut, ia merangkak sejauh 45-50 meter untuk meraih telepon terdekat dan lalu dilarikan ke rumah sakit. Kurt tidak kehilangan kesadaran dan dirawat di pusat rehabilitasi untuk menunggu kakinya pulih dengan sempurna.

Kurt akan mendapatkan kaki prostetik, karena itu ia optimis dan merasa beruntung akan bisa berjalan lagi. Karena ia merasa ada beberapa pasien di tempat tersebut yang tidak akan pernah bebas dari kursi roda dan takkan pernah berjalan lagi.

(frp/kna)