Selasa, 21 Mei 2019 08:42 WIB

Dulu Anaknya Diselamatkan, Giliran Wanita Ini Berikan Ginjal untuk Damkar

Firdaus Anwar - detikHealth
Balas budi seorang wanita yang berujung pada donor ginjal untuk penyakit gagal ginjal yang dimiliki pahlawan anaknya saat kecil.Foto: CNN Balas budi seorang wanita yang berujung pada donor ginjal untuk penyakit gagal ginjal yang dimiliki 'pahlawan' anaknya saat kecil.Foto: CNN
Jakarta - Pemadam kebakaran Bill Cox dari Bearville Volunteer Fire Department di Minnesota, Amerika Serikat, pertama kali bertemu dengan Becca Bundy tahun 2016 lalu. Kala itu anak perempuan dari Bundy mengalami kejang-kejang dan Bill adalah orang yang menjawab panggilan daruratnya.

"Saya sampai di lokasi membantu persiapan sampai ambulans bisa datang menjemput anak itu," kenang Bill seperti dikutip dari CNN, Selasa (21/5/2019).

Bill dan Becca kemudian tidak sengaja kembali bertemu pada Oktober 2018 saat keduanya berkunjung ke bar yang sama. Saat itu Bill sedang memakai kaus bertuliskan: "Nama saya Bill. Saya punya penyakit GAGAL GINJAL tingkat akhir dan butuh GINJAL baru."

Setelah berbincang diketahui kalau keduanya punya golongan darah yang sama. Becca lalu dengan berinisiatif melakukan pengecekan kesehatan untuk tahu apakah ia bisa menjadi donor bagi Bill.


"Inilah yang memulai perjalanan kami. Saya ingat memberitahu Bill di tengah pengecekan, saya tahu bahwa saya adalah orang yang dinantinya," kata Becca seperti dikutip dari CNN, Selasa (21/5/2019).

"Saya masih ingat kami berdua menangis bahagia dan Bill mengucapkan terima kasih ke saya," lanjutnya.

Hingga akhirnya operasi dengan lancar dilakukan pada bulan Februari lalu. Becca yang dulu berhutang nyawa anak kepada Bill, kini gantian membalas menyelamatkan nyawa Bill dengan memberikan salah satu ginjalnya.

"Sampai sekarang kami masih sering mengobrol dan berusaha sesering mungkin bisa kumpul," pungkas Becca.

(fds/up)
News Feed