Jumat, 12 Jul 2019 08:00 WIB

Pria Ini Alami Buta di Mata Kiri Akibat Mandi Mengenakan Lensa Kontak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pemakaian lensa kontak yang bisa sebabkan infeksi mata. (Foto: thinkstock) Ilustrasi pemakaian lensa kontak yang bisa sebabkan infeksi mata. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kebiasaan mandi biasanya tidak memiliki risiko bagi kesehatan. Bahkan mandi bisa membuat badan lebih segar dan terkadang menjadi cara melepas penat bagi sebagian orang.

Tetapi bagi pria di Inggris, kebiasaan mandinya ternyata menyebabkan infeksi mata serius sehingga membuatnya buta di satu mata.

Nick Humphreys dari Shropshire, Inggris, secara sadar mengenakan lensa kontaknya ketika mandi tanpa mengetahui kebiasaannya itu dapat meningkatkan risiko infeksi mata serius. Pada tahun 2018 lalu, ia terkena Acanthamoeba keratitis, parasit langka yang menginfeksi korneanya.

"Jika saya tahu seberapa bahayanya memakai lensa kontak saat mandi, saya tidak akan pernah melakukannya," tutur pria yang sempat berprofesi sebagai atlet sepak bola ini, dikutip dari Live Science.

Acanthamoeba adalah amuba bersel tunggal yang umumnya ditemukan di air, tanah dan udara. Pemakai lensa kontak memiliki risiko tertular infeksi ini jika mereka melakukan praktik tertentu, seperti membersihkan lensa dengan air keran atau berenang atau mandi sambil mengenakannya.


Humphreys mulai memakai lensa kontak pada 2013 sehingga ia bisa bermain olahraga tanpa kacamata dan tak menyadari risiko lain yang akan ia hadapi. Karenanya dia sering mandi dengan lensa kontak setelah berolahraga.

"Awalnya, saya cuek saja dan tidak terlalu pusing sebab tak pernah ada yang melarang saya untuk tidak memakai lensa kontak di kamar mandi. Tidak ada peringatan pada kemasannya dan dokterpun tak pernah menyebutkan risikonya," tambah Humphreys

Setelah didiagnosis dengan Acanthamoeba keratitis pada awal 2018, Humphreys diberikan obat tetes mata untuk infeksinya. Namun beberapa bulan kemudian ia mendadak buta di mata sebelah kanannya.

Meski ia sudah menjalani operasi untuk jaringan kornea di mata kanannya dan infeksinya sudah dibersihkan, Humphreys tetap buta di mata kanannya.

"Ini menjadi sangat penting sehingga banyak orang yang harus tahu bahwa kecelakaan bisa terjadi karena sesuatu sederhana seperti mandi," pungkasnya.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)