Jumat, 26 Jul 2019 09:37 WIB

Terlahir dengan Usus di Luar Tubuh, Bayi Arjun Dirawat Intensif di Medan

BUDI WARSITO - detikHealth
Bayi Arjun. Foto: BUDI WARSITO Bayi Arjun. Foto: BUDI WARSITO
Medan - Arjun Adipati Igun sudah dirawat selama lima hari di Rumah Sakit Umum Pusat Haji (RSUPH) Adam Malik Medan, Sumatera Utara (Sumut). Anak dari Gunawan Sahputra (30) dan Imelia (18) ini lahir dengan usus di luar tubuh atau gastroschisis.

Saat ini Tim Dokter masih merawat dan melakukan penangan terhadap bayi malang tersebut agar kondisinya bisa normal untuk dilakukan operasi memasukkan ususnya kedalam perut.

"Kondisinya saat ini infeksi tinggi, bayi kita ini sudah bocor lambungnya," jelas Dr Erjan Fikri, spesialis bedah anak yang menangani Arjun di RSUPH Adam Malik, Medan, Kamis (25/7/2019).

Penanganan terhadap Arjun harus intensif. Karena kondisi infeksi yang dialaminya akan berlarut-larut menganggu tindakan tim dokter. Jika dipaksakan untuk melakukan operasi memasukkan ususnya, malah akan membahayakan.

"Berat badannya harus normal dulu, kami tetap merawat yang bocor itu. Kami tutup, enggak bisa dipaksa masuk," terangnya.



Saat ini, tindakan yang dilakukan adalah menutup usus Arjun dan menjaga agar tetap bersih. "Ditutup menggunakan dengan plastik biasa yang diganti setiap hari dan dibersihkan. antibiotik dijaga," tegas Dr Erjan Fikri.

Sementara itu, Gunawan Sahputra ayah dari Arjun berharap ada dermawan yang mau membantu untuk pengobatan anaknya yang lahir pada Minggu 21 Juli 2019 lalu. Pasalnya dirinya belum bisa mengurus BPJS Kesehatan untuk anaknya karena terkendala berkas-berkas.

Pria yang sehari-hari jualan bakso goreng ini menegaskan, sebagai orang tua dirinya akan terus berupaya semampunya untuk anaknya tersebut. "Terus berusaha biar anak pertama saya bisa normal," tandas warga Medan Denai ini.



Simak Video "Viral! Tutorial Dokter Gendong Bayi Merah yang Bikin Deg-degan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)