Jumat, 26 Jul 2019 14:41 WIB

Telan 1,5 Kg Perhiasan, Wanita Ini Dilarikan ke Rumah Sakit

Firdaus Anwar - detikHealth
Dokter menemukan perhiasan seberat 1,5 kg dalam perut Runi. (Foto: Thinkstock) Dokter menemukan perhiasan seberat 1,5 kg dalam perut Runi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ketika perhiasan di rumah mulai menghilang satu persatu, keluarga Runi Khatun (26) dari Bengal, India, tidak langsung bisa menemukan penyebabnya. Misteri baru terkuak ketika Runi mengeluh sakit perut dan muntah-muntah setiap makan.

Dengan kondisi tubuh yang lemas Runi dilarikan ke Rumah Sakit Rampurhat Government Medical College. Di sana pemeriksaan menunjukkan ada benda terbuat dari metal di perut Runi.

"Pasien tampak lemah dan kurus pada saat dia masuk rumah sakit. Kondisinya sangat kritis sampai-sampai dia membutuhkan setidaknya lima botol darah," kata Kepala Departemen Bedah Rumah Sakit dr Siddhartha Biswas seperti dikutip dari The Sun, Jumat (26/7/2019).

dr Siddhartha sengaja menunggu sekitar seminggu sebelum melakukan operasi untuk mengeluarkan benda asing yang ada di perut Runi. Alasannya agar tubuh Runi lebih stabil sehingga bisa menjalani operasi dengan selamat.


"Kalau kami operasi lebih cepat, dia tidak akan bisa bertahan," ungkap dr Siddhartha.

Setelah operasi berjalan satu jam para tim dokter kaget menemukan ada sekitar 1,5 kilogram perhiasan di perut Runi. Lebih rincinya ada 69 rantai, 80 anting, 90 koin, 11 cincin hidung, delapan liontin, empat kunci, jarum jam, dua koin perak, dan 5 gelang kaki.

Sebagian besar perhiasan tersebut terbuat dari tembaga dan kuningan, tapi ada juga yang berbahan emas.

Kondisi di mana orang-orang menelan benda yang tak lazim dalam dunia medis diketahui bernama pica. Penyebabnya hingga kini masih belum diketahui dengan jelas, tapi beberapa peneliti menduga kurangnya zat besi dan anemia memicu pola makan tersebut.

Penderita pica biasanya sering makan tanah, pasir, daun, batu, kapur, puntung rokok, lampu, pensil, besi, es, cat, tanah liat, bulu binatang, lumpur bahkan kotoran binatang.



Simak Video "Mengenal Pica, Gangguan Makan Aneh"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)