Minggu, 04 Agu 2019 05:07 WIB

Video Ernald Jualan Nasi Uduk Viral, Keluarga Sayangkan Info yang Tak Akurat

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ernald mengaku diam saja saat divideokan, karena saat itu ia sedang bersembunyi dari kejaran sekuriti. (Foto: Tangkapan layar) Ernald mengaku diam saja saat divideokan, karena saat itu ia sedang bersembunyi dari kejaran sekuriti. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta - Sejak videonya viral, Ernald remaja penjual nasi uduk di Karawaci kebanjiran simpati. Namun keluarga terganggu oleh informasi yang salah dalam video viral itu.

Bagaimana tidak, sosok pria yang memvideokan Fernaldy Angga Wijaya, nama lengkap Ernald, menyebut sang ibu tengah sakit kanker. Padahal sesungguhnya, ibunda Ernald di rumah sehat-sehat saja, walaupun memang benar, ayahnya meninggal karena kanker 2 tahun lalu.

"Saudara pada nanya 'Emang sakit (mama Ernald-red)?' 'Enggak'. Tahunya malah dari orang," kata Sugianto, kakek Ernald saat ditemui di rumahnya, baru-baru ini.



Dampak viralnya video Ernald berjualan nasi uduk memang terasa. Seringkali, dagangan Ernald langsung habis dalam sekejap. Namun yang membuat keluarganya khawatir, banyak juga yang berniat memberikan sumbangan, bahkan meminta nomor rekening.

Menurut Sugianto, orang-orang ini mendapatkan informasi yang salah tentang Ernald dari video yang viral.

"Ada yang bilang tinggal di rumah yang enggak layak juga," kata Sugianto.



Di mata keluarga, Ernald adalah sosok pekerja keras. Setiap hari, remaja 17 tahun ini berangkat dari rumahnya di Bugel, Karawaci, menuju tempat berjualan di Lippo Village. Sugianto menyebut Ernald sebagai anak pendiam dan penurut dan sering membantunya berjualan nasi uduk dan lontong.

"Saya potongin lontong, dia mau bantuin. Mau kerja orangnya," kata sang kakek.

Terkait kesalahan informasi yang telanjur viral, Sugianto tak mau ambil pusing. Baginya, berbuat salah itu manusiawi, semua orang bisa dan pernah melakukannya.

"Ya dia sudah ngaku salah, ada salah bilang dari satu orang ke orang lain pas bikin videonya. Ya enggak apa-apa lah, namanya orang salah," kata Sugianto.



Simak Video "Fakta Terkait Video Viral Anak yang Jualan di Depan RS Siloam"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)