Rabu, 04 Des 2019 19:04 WIB

Bukan Tanpa Halangan, Sebelum Sukses Zul Sempat 'Ditolak' Keluarga

Nafilah Sri Sagita - detikHealth
Bang Zul, fotografer profesional dan juga penyandang disabilitas. Foto: Nafilah Sri Sagita/detikHealth Bang Zul, fotografer profesional dan juga penyandang disabilitas. Foto: Nafilah Sri Sagita/detikHealth
Jakarta - Diskriminasi sering terjadi pada para penyandang disabilitas, termasuk Bang Zul. Fotografer profesional penyandang disabilitas yang karyanya sukses diakui dunia ini tak hanya mendapat diskriminasi dari lingkungan, bahkan keluarganya sendiri.

Bang Zul mengisahkan diskriminasi keluarga yang ia rasakan terjadi sejak ia duduk di Sekolah Dasar (SD). Saat orang tuanya berpergian, Bang Zul sering ditinggal di rumah.

"Iya biasalah kalo ada tamu, kalo ada orang baru yang datang ke rumah, aku yang ditaruh di dalem. Kalo orang tua mau keluar rumah aku yang ditinggal di rumah," kata Bang Zul, saat ditemui di Kampanye Gerak Tak Terbatas di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019).


Bang Zul mengaku perlakuan dan kasih sayang yang ia terima saat kecil tak setara dengan saudara lainnya. Berdasarkan pengalaman yang ia rasakan, diskriminasi keluarga seperti ini harus segera diubah karena keluarga memiliki peran yang paling penting.

"Pemberian kasih sayang itu kaya nggak rata banget. Meskipun, waktu itu aku masih kecil, belum terlalu mengerti, cuman lama kelamaan karena hal itu sering dilakukan, itu jadinya kaya beda banget. Setelah besar ya baru akhirnya terpikir oh karena memang aku berbeda. Jadi ya wajarlah, kasih sayang mereka berbeda," ujar Bang Zul.

Menurut Bang Zul Indonesia tak dapat setara untuk para penyandang disabilitas jika tidak memperhatikan diskriminasi yang terjadi di lingkungan masyarakat, pendidikan, maupun keluarga.

"Jika kita ditolak di lingkungan pendidikan, kita masih bisa mencari sekolah lain. Jika kita tidak bisa diterima di lingkungan masyarakat, kita bisa mencari lingkungan lain. Namun, jika kita tidak bisa diterima di keluarga? Kita harus lari kemana?" pungkas Bang Zul.



Simak Video "Stephanie Handojo, Atlet Disabilitas yang Berprestasi "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)