Rabu, 03 Mar 2021 16:02 WIB

Disebut Gegara Doyan Cium Kaus Kaki Kotor, Pria Ini Kena Infeksi Paru

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Memeriksa x-ray paru=paru manusia Ilustrasi paru-paru. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Setiap orang mungkin punya kebiasaan aneh yang tak masuk akal. Seperti pria China berusia 37 tahun ini, ia terbiasa mencium kaus kaki kotor dan usang sepulang bekerja.

Kebiasaan pria bernama Peng ini tampak tak berbahaya bagi kesehatan dirinya. Namun, belakangan, ia mengeluhkan sakit dada yang begitu parah hingga sesak napas juga disertai batuk.

Dikutip dari Science Alert, dugaan awal dokter ia mengidap pneumonia. Namun, usai gejala tak kunjung membaik, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dokter menemukan adanya infeksi jamur serius di paru-paru Peng.

Setelah berbicara soal kebiasaan sehari-harinya bersama dokter, barulah dokter menyimpulkan kalau infeksi paru yang dialaminya imbas 'kecanduan' mencium kaus kaki kaki bau yang ia pakai. Infeksi paru tersebut juga memburuk lantaran Peng kurang istirahat.

"Infeksi juga dapat dikaitkan dengan kurangnya istirahat pasien di rumah karena dia [telah] merawat anaknya, yang menyebabkan sistem kekebalan yang lebih lemah," jelas salah satu dokternya, Mai Zhuanying dari Rumah Sakit 909 Zhangzhou, menjelaskan kepada media lokal setempat.

Setelah didiagnosis, Peng dirawat secara intensif di rumah sakit. Pria yang 'doyan' mencium kaus kaki bau ini diharapkan dapat pulih sepenuhnya.

Laporan kasus tersebut lantas viral di situs medsos Tiongkok, Weibo. Bahkan, tampaknya Peng bukan satu-satunya yang 'doyan' mencium bau kaus kaki sepulang kerja.

"Oh, tidak! Mungkin aku harus berhenti mengendus kaus kakiku setelah memakainya seharian penuh!" komentar seseorang menanggapi kasus ini.



Simak Video "Ahli Gizi Ingatkan Jaga Pola Makan Seimbang Saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)