Senin, 20 Sep 2021 21:00 WIB

Tren TikTok Berujung Petaka, Bocah 9 Tahun Nyaris Tewas Usai Telan Magnet

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Magnet attracts steel balls from a pile Ilustrasi magnet. (Foto: Getty Images/iStockphoto/alphaspirit)
Jakarta -

Seorang bocah laki-laki berusia sembilan tahun nyaris meninggal setelah mencoba ikut-ikutan tren tantangan di TikTok. Ia mengalami sakit perut yang parah dan juga muntah-muntah.

Diketahui, bocah bernama Jack McGeoch ini telah menelan magnet yang berukuran kecil dan membuat perutnya sakit. Melihat ini ibunya, Carolann McGeoch, langsung membawanya ke rumah sakit terdekat.

Saat dilakukan pemindaian ultrasound, ditemukan sesuatu yang mengganjal di ususnya. Kemudian, Jack pun akhirnya mengaku bahwa dirinya telah menelan magnet yang ukurannya kecil.

Mengetahui itu, Jack langsung dibawa ke Rumah Sakit Royal khusus anak-anak di Glasgow dan membutuhkan tindakan operasi. Carolann pun diberitahu jika anaknya mungkin tidak bisa diselamatkan, akibat efek dahsyat dari magnet yang menempel pada dinding ususnya.

"Saya diberitahu bahwa kerusakan yang disebabkan oleh magnet ini bisa sangat ekstrem sehingga dia mungkin tidak bisa melewatinya," kata Carolann yang dikutip dari Daily Mail, Senin (20/9/2021).

"Kemudian saya harus menandatangani izin untuk operasi dan mengakui bahwa 'apa pun bisa terjadi'," lanjutnya.

Carolann mengatakan Jack harus menjalani operasi selama empat jam. Bagian usus buntu, usus kecil, dan usus besarnya sepanjang 30 cm terpaksa harus diangkat hanya untuk mengeluarkan beberapa buah magnet kecil itu.

Pasca lima hari dioperasi, Jack masih membutuhkan cairan, tidak bisa berjalan jika tidak dibantu. Tapi, ia berubah menjadi anak yang pendiam dan suka murung.

"Jack beruntung masih bisa hidup. Tetapi, jika pengalamannya bisa mencegah anak-anak lain untuk mengalami hal yang sama, saya akan melakukan yang saya bisa untuk menyebarkannya.

Sampai saat ini masih belum diketahui tantangan seperti apa yang dilakukan Jack dengan magnet tersebut. Tetapi, di aplikasi TikTok memang beredar video yang menunjukkan remaja memasukkan bola magnet kecil ke dalam mulut, seakan-akan menyerupai tindikan.

Sebelum Jack, kasus ini juga dialami oleh bocah perempuan berusia 11 tahun. Bocah bernama Ellis Tripp (11) mengeluh sakit perut dan harus dioperasi setelah ditemukan bola-bola magnet di ususnya.

Selain itu, gadis kecil lainnya yang bernama Faye Elizabeth (13) juga harus menjalani operasi usus buntu. Dari operasi tersebut, dokter berhasil mengangkat 15 butir manik-manik magnet dari organ dalam gadis tersebut.



Simak Video "Satgas Tegaskan Vaksin COVID-19 Tidak Mengandung Magnet!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)