Selasa, 05 Okt 2021 05:52 WIB

Pria Ini Mengeluh Nyeri Dada, Tak Disangka Jantungnya Kemasukan Semen

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Concrete spills out of the concrete mixer tank Ilustrasi pengaduk semen (Foto: Getty Images/iStockphoto/N-sky)
Jakarta -

Seorang pria masuk rumah sakit dengan kondisi yang tak biasa. Berawal dari nyeri dada dan susah bernapas, dokter menemukan sebongkah semen di jantung pria tersebut.

Pria berusia 56 tahun ini datang ke unit gawat darurat dengan keluhan nyeri dada dan kesulitan bernapas selama 2 hari. Kasusnya dilaporkan di jurnal The New England Journal of Medicine.

Sepekan sebelumnya, ia menjalani operasi tulang belakang untuk mengatasi kondisi 'vertebral compression fracture'. Pria ini menjalani kyphoplasty, prosedur menginjeksikan semen ke dalam tulang belakang untuk mencegahnya kolaps.

Umumnya, prosedur ini dinilai aman, kurang dari 2 persen mengalami komplikasi menurut American Association of Neurological Surgeons. Namun ada satu risiko yakni semen bocor dan memicu embolisme atau penyumbatan di pembuluh darah.

Dikutip dari Livescience, yang terjadi pada pria ini adalah semen bocor dari tulang ke pembuluh darah vena. Semen tersebut mengeras, menggumpal, lalu terbawa aliran darah hingga sampai ke jantung.

Di rumah sakit, dokter menemukan semen berukuran 10 cm bersarang di jantungnya. Operasi darurat segera dilakukan dan bongkahan semen berbentuk runcing tersebut bisa dikeluarkan setelah melukai beberapa bagian jantung.

Dokter berhasil mengatasi luka di jantung, dan kini pasien dilaporkan telah pulih seperti sedia kala tanpa komplikasi.



Simak Video "Mereka yang Punya Komorbid Jantung Diminta Tetap Vaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)