Rabu, 26 Agu 2015 16:17 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Bayi Ikutan Punya Bau Kaki, Ini Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: morgueFile/idahoeditor Foto: morgueFile/idahoeditor
Topik Hangat Ulasan Khas Kaki Sehat
Jakarta - Bayi identik dengan baunya yang harum dan khas, namun dari penelitian yang dilakukan di Amerika, bayi dikatakan juga bisa mengalami bau kaki.

Dari hasil pengamatan yang dilakukan Dr Rosario Labarbera di General Hospital Center dan Saint Mary's Hospital, Passaic, New Jersey di tahun 2010, bayi tak ubahnya seperti orang dewasa dalam hal bau kaki, sebab kaki bayi juga sering berkeringat.

Menanggapi hal ini, dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali mengaku sepakat. Meskipun bayi lebih jarang memakai alas kaki, baginya bayi tetap berpeluang mengalami bau kaki.

"Kalau dia punya bakat hiperhidrosis (mudah berkeringat) bisa, atau kalau dia bepergian kemana-mana terus pakai kaus kaki juga bisa," terangnya kepada detikHealth dan ditulis Rabu (26/8/2015).

Baca juga: Jika Bayi Memiliki Bau Badan

Agar bayi bebas bau kaki, dr Laksmi memperbolehkan orang tua mengoleskan bedak ke kaki bayi terlebih dahulu sebelum dipakaikan kaus kaki atau sepatu. "Apalagi kalau dia gak ada infeksi, it's ok," imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan spesialis kulit kelamin dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Eddy Karta, SpKK. Namun ia mengingatkan bau kaki pada bayi sangat mungkin terjadi hanya karena perawatan yang tidak maksimal.

"Ini memicu terjadinya pertumbuhan bakteri yang mengurai senyawa menjadi asam sulfur. Jadi menjaga kebersihan bayilah yang lebih penting," pungkasnya dalam kesempatan terpisah.

dr Eddy merujuk pada empat faktor utama penyebab bau kaki pada bayi yang ditemukan Dr Labarbera sebelumnya. Dikutip dari Livestrong, keempat faktor tersebut di antaranya:

1. Bakteri pada kaki bayi akibat kurang perawatan.
Bakteri ini dapat tumbuh di kaki yang berkeringat dan memakan sel-sel kulit mati serta minyak di kulit kaki. Padahal saat memproses makanan itulah, bakteri menghasilkan senyawa belerang yang aromanya mirip bau telur busuk, sehingga kaki bayi menjadi bau.

2. Kaki bayi yang dibiarkan lembab dan kotor.
Jika kaki bayi yang berkeringat dan lembab tidak segera dibersihkan, atau rutin dibersihkan setiap hari, maka bau kaki akan muncul. Baiknya kaki bayi dibersihkan dengan handuk yang telah dibasahi air hangat. Pastikan juga kaki bayi benar-benar kering setelah mandi, dan hindari pemakaian lotion bila kakinya masih berbau.

3. Kaus kaki berbahan serat buatan.
Kaus kaki pemicu bau kaki adalah kaus kaki berbahan serat buatan yang murahan. Sebaiknya bayi dipakaikan kaus kaki yang terbuat dari serat alami seperti katun 100 persen atau wol. Selain lembut, kaus kaki dengan kedua bahan ini mampu menyerap keringat dengan maksimal.

4. Penggunaan sepatu plastik.
Di samping kaus kaki murahan, hindari juga sepatu berbahan plastik karena cenderung menyebabkan kaki bayi mudah lembab. Jatuhkan pilihan pada sepatu berbahan kulit atau kain sekalian karena dapat menguapkan keringat sebelum bakteri sempat berkembangbiak di kaki bayi.

Baca juga: Butuh Trik Hilangkan Bau Kaki? Begini Aturan Pakai Sepatunya

(lll/up)
Topik Hangat Ulasan Khas Kaki Sehat
News Feed