Kamis, 14 Jan 2016 14:38 WIB

Good Sleep Setting

Tak Bisa Penuhi Jam Tidur Malam, Bisakah Disiasati Tidur Siang?

Rahma Lillahi Sativa, Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Topik Hangat Good Sleep Setting
Jakarta - Bersyukurlah bila di Indonesia anak-anak sudah dibiasakan tidur siang sejak dini. Tetapi sayangnya ketika usia mereka bertambah, kebiasaan ini perlahan memudar.

"Di Indonesia memang mengenal jam tidur siang. Dan secara alami jam 1-2 siang tubuh akan mengantuk," tandas dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT dari RS Medistra kepada detikHealth.

Pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT juga berpendapat serupa. Sesuai dengan jam biologisnya, seseorang akan cenderung mengantuk selepas makan siang.

Ditegaskan dr Andreas atau biasa disapa dr Ade, tidur siang merupakan kebutuhan, bahkan fungsi tidur siang untuk mengembalikan kondisi tubuh ini tidak dapat digantikan oleh stimulan seperti kopi sekalipun. Namun karena tuntutan pekerjaan, kebutuhan tidur siang ini terabaikan.

"Kafein memang bikin melek, tapi kafein nggak bisa mengembalikan konsentrasi, kreativitas, ketelitian dan motivasi tadi. Tidak ada yang bisa menggantikan efek tidur," tegasnya dalam sebuah kesempatan.

Baca juga: Tidur Bareng Kucing dan Anjing Peliharaan, Yes or No?

Hanya saja menurut dr Ade, kebutuhan ini belum difasilitasi dengan baik di Indonesia. Namun di luar negeri, sudah banyak perusahaan, bahkan perguruan tinggi yang menyediakan ruang tidur siang untuk pekerja dan mahasiswanya.

dr Rima mencontohkan, di Skandinavia ada rumah-rumah yang dibuat khusus untuk tidur siang. Pada jam istirahat, karyawan bisa datang ke rumah tersebut, menyewa kamarnya untuk tidur siang.

"Ada juga kebiasaan siesta (istilah lain untuk tidur siang) di Spanyol dan negara-negara Amerika Latin," ujarnya.

Lalu harus bagaimana? Lebih baik curi-curi waktu untuk tidur siang. "Pasang masker mata, lampu diredupkan, lalu tidur saja di kursi. Atau kalau tidak, kepala ditaruh di meja saja pakai bantal. Kan enggak lama cuma 15-20 menit," saran dr Ade.

Dari penelitiannya, Brandy Raone, PhD dari Sleep for Science Research Laboratory, Brown University juga berpesan, tidur siang paling efektif di jam 14.00 sampai 16.00 karena bila dilakukan sebelum atau sesudah waktu itu maka akan mengganggu waktu tidur malam.

Kemudian, jangan tidur siang sampai lebih dari 30 menit. Tidur siang dengan waktu lebih seperti itu justru bisa membuat Anda memasuki tahap tidur yang lebih dalam dan saat bangun tidur, tubuh malah terasa lemas dan lebih lelah.

Baca juga: Hanya Bisa Bangun karena Alarm, Begini Baik-Buruknya (lll/vit)
Topik Hangat Good Sleep Setting
News Feed