Senin, 20 Jun 2016 08:04 WIB

Kulit Belang karena Vitiligo

Vitiligo, Penyakit yang Bikin Kulit Memudar Jadi Warna Putih Susu

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Vitiligo merupakan penyakit berupa bercak putih pada kulit. Tak jarang, belang yang muncul pada kulit membuat kulit pasien tampak seperti kulit sapi.

Dijelaskan dr Suksmagita Pratidina SpKK dari Skin and Aesthetic Clinic RS Pondok Indah-Puri Indah, vitiligo itu hilangnya pigmen atau depigmentasi di area kulit tertentu. Jadi bukan sekadar pigmen pada kulit kurang, tetapi karena pigmennya tidak ada.

"Oleh karena itu warnanya nggak sekadar memudar tapi warnanya menjadi putih susu dalam arti pigmennya sudah tidak ada lagi di situ," kata dr Gita, begitu ia akrab disapa saat berbincang dengan detikHealth.

Lantas, apa penyebab vitiligo? dr Gita menuturkan terdapat banyak terori yang mengungkapkan jika vitiligo berhubungan dengan penyakit autoimun, di mana tubuh justru menyerang sistem imunitas. Pada vitiligo, dikatakan dr Gita yang sebenarnya dihancurkan adalah sel pigmen.

Baca juga: Tubuh Belang Akibat Vitiligo, Lisa Kembalikan Warna Kulit Lewat Terapi

Sehingga, tubuh menganggap sel pigmen adalah benda asing sehingga sel pigmen dihancurkan sendiri oleh tubuh. Selain berkaitan dengan autoimun, ada pula yang menyebut bahwa vitiligo berhubungan dengan oksidan. Demikian disampaikan dr Gita.

"Dalam arti polusi dan berhubungan sama radikal bebas. Kemudian berhubungan juga sama faktor lingkungan. Dan ada juga yang menyebut vitiligo berhubungan dengan genetik atau faktor keturunan. Kadang ada pengaruh keturunan dengan persentase tertentu," papar dr Gita.

Selain itu, lanjut dr Gita, ada juga teori yang menyatakan bahwa vitiligo berhubungan dengan luka. Dalam artian ada daerah luka tertentu yang kemudian saat sembuh menjadi vitiligo.

"Jadi intinya teorinya sangat banyak tapi nggak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah vitiligo 100 persen," kata dr Gita.

Baca juga: Kulit Belang Karena Matahari Bisa Kembali Normal Nggak ya?

(rdn/vit)
News Feed