Senin, 20 Jun 2016 11:01 WIB

Kulit Belang karena Vitiligo

Muncul Bercak Putih, Vitiligo atau Bukan? Begini Cara Dokter Mendiagnosisnya

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Muncul bercak putih di kulit. Hmm...apakah itu vitiligo? Nah untuk memastikannya, ada cara yang dilakukan dokter untuk menegakkan diagnosis vitiligo.

"Pertama, kita observasi. Itu tentunya nggak bisa dilihat dari hari ke hari. Nah, dan yang kita observasi itu adalah intensitas warnanya, makin lama makin berkurang nggak," tutur dr Suksmagita Pratidina SpKK dari Skin and Aesthetic Clinic RS Pondok Indah-Puri Indah.

Dalam perbincangan dengan detikHealth, wanita yang akrab disapa dr Gita ini menambahkan selain intensitas warna, ukuran bercak pun mesti diobservasi. Monitoring bisa dilakukan dengan memfotonya tiap dua minggu.

Dari foto tersebut, nantinya tepi bercak diukur dengan penggaris, sehingga dapat diketahui ukurannya. Kemudian, ketika dikerik atau digores pada bercak tersebut, tidak ada sisiknya sama sekali dan tidak ada merah maupun gatal.

Baca juga: Ada Riwayat Vitiligo di Keluarga, Pasti Menurun ke Anak atau Cucu?

Kondisi ini berbeda dengan bercak putih yang kadang terjadi akibat sisa radang. dr Gita mengatakan, biasanya ketika terjadi radang, entah akibat gigitan serangga atau iritasi, yang tadinya timbul warna merah pada kulit setelah sembuh akan menyebabkan pigmen sisa berupa warna gelap atau kehitaman.

"Atau malah pigmennya berkurang atau hipopigmentasi. Nah, untuk memastikan apa ini vitiligo, setelah ada bercak putih, kita tanya ada radang nggak, merah nggak, gatal nggak, itu untuk menyingkirkan kemungkinan vitiligo," lanjut dr Gita.

Ia pun menegaskan sampai saat ini belum ada cara mencegah vitiligo karena teori soal penyebab pasti vitiligo pun banyak sekali. Lantas, siapa yang lebih berisiko terkena vitiligo?

"Tidak ada. Cuma berdasarkan prevalnsi tertentu, kita jumlahkan siapa yang lebih sering itu ternyata wanita. Selama saya praktik juga kebanyakan wanita yang kena, dan belum diketahui kenapanya," pungkas dr Gita.

Baca juga: Vitiligo, Penyakit yang Bikin Kulit Memudar Jadi Warna Putih Susu

(rdn/vit)
News Feed