Kamis, 22 Des 2016 13:45 WIB

Hari Ibu 2016

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu Bekerja

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 2 dari 4
1 1. TPA Serama Kementerian Kesehatan
Foto: Reza/detikHealth Foto: Reza/detikHealth
Topik Hangat Hari Ibu 2016

TPA Serama berada di lingkungan Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Meski berada di lingkungan kantor Kemenkes, TPA Serama tidak dikhususkan hanya bagi pegawai Kemenkes saja.

Tintin Sumarni, tutor di TPA Serama mengatakan TPA ini juga menerima anak dari ibu di kantor sekitar Kemenkes dan Jl HR Rasuna Said. Nama TPA Serama sendiri merupakan pemberian dari mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih.

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu BekerjaFoto: Reza/detikHealth


"Jadi almarhumah ibu Endang sendiri yang memberi nama TPA Serama. Serama merupakan nama jenis ayam yang lucu namun memiliki banyak manfaat. Makanya diharapkan anak-anak yang ada di TPA Serama ini selain lucu juga merupakan aset bagi bangsa dan negara," tutur wanita yang akrab disapa Bunda Yuli ini.

TPA Serama beroperasi sejak pukul 08.00 pagi hingga 16.00 petang. Saat ini ada sekitar 15 anak yang diasuh di TPA Serama dan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas bayi dan kelas toddler (balita).

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu BekerjaFoto: Reza/detikHealth

Kelas bayi dikhususkan bagi anak bayi berusia 3 bulan hingga 18 bulan. Pengasuhannya pun menitik beratkan kepada penjemuran bayi, stimulasi indra pendengaran, motorik kasar, motorik halus dan pemenuhan kebutuhan ASI serta kebutuhan tidur.

Untuk kelas balita, anak-anak yang diasuh berusia 18 bulan hingga 4 tahun. Sesuai kategori usianya, anak-anak di kelas balita memiliki program yang dijadwal per hari untuk memaksimalkan stimulasi tumbuh kembang anak.

"Biasanya pagi hari itu kita olahraga dengan senam atau tari-tarian. Lalu setelahnya ada jadwal tergantung harinya, misalnya senin di sentra musik, selasa sentra bermain peran dan sebagainya. Lalu siang itu makan, tidur siang hingga sorenya ada bermain bebas sambil menunggu dijemput orang tua," tambah Bunda Yuli.

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu BekerjaFoto: Reza/detikHealth


Anda bekerja di sekitaran Kuningan dan tertarik untuk menitipkan anak di TPA Serama? Jangan takut karena biayanya cukup murah. Iuran sekitar Rp 600.000 untuk pegawai Kemenkes dan Rp 1.000.000 untuk non-pegawai Kemenkes cukup memadai karena sudah termasuk makan siang dan snack anak.

(mrs/up)
News Feed