Rabu, 03 Apr 2013 13:32 WIB

Ulasan Khas Kehamilan Sehat

Saat Hamil, Sebaiknya Puasa Gunakan Produk Kecantikan Dulu

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ibu hamil harus berhati-hati menjaga kondisinya sebab apa pun yang terjadi saat hamil bisa mempengaruhi perkembangan janin di dalam perut. Gangguan ini akan berdampak jangka panjang bagi kehidupan anak. Beberapa obat dan produk kecantikan dengan kandungan kimia dicurigai bisa memicu gangguan tersebut.

"Obat jerawat, obat cacing, obat diabetes, atau obat-obatan tertentu tidak diperbolehkan di trimester pertama. Sebaiknya konsultasikan pada dokter obat-obat apa saja yang boleh dikonsumsi," terang dr Frizar Irmansyah, SpOG, dokter kandungan dari RS Pusat Pertamina seperti ditulis pada Rabu (3/4/2013).

Zat kimia dari obat yang diminum ibu dapat berpindah dari ibu ke janin melalui plasenta. Obat tersebut dapat secara langsung mempengaruhi perkembangan janin sehingga menyebabkan kerusakan, kelainan perkembangan hingga kematian. Bisa juga dengan mengganggu cara kerja plasenta.

Terkadang obat tersebut juga bisa menyebabkan otot rahim berkontraksi sekuat tenaga. Hal ini secara tidak langsung dapat mencederai janin karena mengurangi aliran darah ke janin. Pengaruhnya tergantung pada tingkat perkembangan janin serta dosis dan kekuatan obat yang diminum.

Selain obat-obatan, beberapa produk kecantikan juga perlu dihindari sebab kandungan bahan kimia di dalamnya. Berbagai penelitian menemukan bahwa bahan seperti phthalates yang terkandung dalam wewangian dapat mengganggu perkembangan janin.

"Untuk perawatan seperti cat rambut dan keriting yang menggunakan kimia lebih baik jangan dulu, apalagi di trimester pertama. Cat kuku saya rasa tidak masalah karena hal-hal seperti ini dapat menyebabkan kelainan pada janin," ujar dr Frizar.

Bahan kimia dalam obat pewarna ataupun pengeriting rambut yang bersentuhan dengan kulit bisa diserap tubuh dan masuk ke dalam aliran darah. Biar lebih aman, sebisa mungkin hindari produk-produk kosmetik yang mengandung bahan kimia seperti phtalates, hydroquinone dan asam salilsilat.

(pah/vit)