Rabu, 08 Mei 2013 08:09 WIB

Perawatan Bayi Baru Lahir

Bayi Baru Lahir Juga Butuh Perawatan Lho

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
(Foto: thinkstock)
Jakarta -

Tak ada yang lebih membahagiakan pasangan suami istri daripada melihat bayinya dilahirkan dengan selamat. Setelah berdiam 9 bulan 10 hari lamanya di dalam rahim, sang bayi siap menghadapi dunia luar yang lebih menantang. Dengan kondisi yang masih lemah, tentu mereka membutuhkan perawatan khusus.

Dibandingkan dengan bayi-bayi spesies lain, bayi manusia terbilang istimewa. Betapa tidak? Di antara mamalia lain misalnya, bayi manusia memiliki kemampuan yang paling lemah sebab perkembangan janin banyak dipusatkan untuk pembentukan otak.

Inilah sebabnya bayi manusia membutuhkan perhatian ekstra, tidak bisa dibiarkan tumbuh begitu saja. Masa 1000 hari pertama paling penting sebab pada masa ini lah otak dan fisik bayi mengalami perkembangan pesat. Segala bentuk gangguan yang dialami pada masa ini akan berdampak terhadap kondisinya seumur hidup.

“Pada dasarnya bayi yang baru lahir perlu dijaga kebersihan dan lingkungannya. Kebersihan penting untuk mencegah kuman dan bakteri berada di sekitar bayi. Selain itu, penting juga untuk menjaga suhu ruangan tetap hangat atau paling tidak jangan sampai bayi merasa kedinginan,” terang dr Aditya Suryansyah, SpA(K) kepada detikHealth seperti ditulis Rabu (8/5/2013).

Dr Aditya yang merupakan dokter spesialis anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA Buah Hati Ciputat ini menjelaskan bahwa penanganan bayi baru lahir harus dilakukan dengan hati-hati. Misalnya saat dibersihkan, sebaiknya gunakan air hangat dan waslap.

Lebih jauh lagi, dr Aditya mewanti-wanti bahwa bayi baru lahir sebaiknya jangan dimandikan dulu sebab akan merasa kedinginan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama membiarkan kulit bayi terbuka tanpa pakaian. Sebab suhu di dalam kandungan ibu adalah sekitar 37 derajat celcius, sedangkan suhu ruangan adalah 27 derajat celcius.

"Jika terlalu lama dibiarkan terbuka, bayi juga akan rentan kedinginan. Jika ingin melakukan perawatan tali pusar, harus selalu dalam keadaan steril agar tidak terinfeksi," imbuhnya.

Bayi baru lahir hanya bisa menangis sebagai sarana komunikasi dengan pengasuh dan orang tuanya. Maka wajar jika bayi cenderung rewel ketika lapar, haus, atau merasa tak nyaman. Namun apabila si buah hati menangis terus menerus selama beberapa jam, terutama di sore hari, kemungkinan ia mengalami kolik. Konsultasikan dengan dokter apabila menemui kondisi ini.

Nah, pembaca detikHealth yang budiman, seluk beluk perawatan bayi baru lahir akan dibahas dalam ulasan khas kali ini. Pastikan Anda terus mengikuti tulisan-tulisan yang kami sajikan. Selamat membaca.

(pah/vit)