Rabu, 03 Sep 2014 11:04 WIB

Kecanduan Mi Instan

Air Rebusan Mi Instan, Amankah Dikonsumsi Sebagai Kuah?

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Topik Hangat Kecanduan Mi Instan
Jakarta - Sebagian orang akan membuang air rebusan mi instan lalu menggantinya dengan air yang baru sebagai kuah. Ada juga yang menggunakan air rebusan mi sebagai kuah karena rasanya lebih gurih. Bagaimana pendapat para pakar?

"Ada yg mengatakan, air rebusan mi instan dibuang itu mungkin karena ada lemaknya," ujar Prof dr Endang L Achadi, MPH, Dr.PH. ketika dihubungi detikHealth, Rabu (3/9/2014).

Akan tetapi staf pengajar Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI itu mengaku tak tahu alasan pasti mengapa sebagian orang memilih membuang air rebusan tersebut.

Pendapat lain disampaikan oleh dr Nany Leksokumoro, MS, SpGK, dokter gizi klinis dari Omni Hospital.

"Itu memang salah satu cara untuk mengeliminasi lemak yang terkandung dalam air rebusan. Memang gurihnya hilang, tapi ini kembali kepada kebutuhan masing-masing," terangnya saat dihubungi secara terpisah.

dr Nany menambahkan apakah perlu membuang air rebusan atau tidak, pilihan diserahkan kepada masing-masing individu. "Dibuang boleh, mau dimakan juga nggak apa-apa," imbuhnya.

Yang pasti baik Prof Endang maupun dr Nany mengingatkan, bahan makanan yang baik sekalipun bila dikonsumsi secara tidak baik, misalkan secara berlebihan akan merugikan kesehatan seseorang. Hal ini juga berlaku untuk konsumsi mi instan dan makanan olahan lainnya.






(lll/up)
Topik Hangat Kecanduan Mi Instan