Rabu, 22 Okt 2014 14:37 WIB

Cara Sehat Tambah Berat Badan

Awas, Gemukkan Badan dengan Bantuan Obat Berisiko Picu Moon Face

Hendika Sakti Pratama - detikHealth
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Bagi orang dengan tubuh yang dibilang kurus, mungkin berbagai macam cara akan ia lakukan untuk memperoleh kenaikan bobot badan. Untuk membuat badan bertambah gemuk cara yang umum dilakukan adalah dengan menambah konsumsi makanan sebanyak-banyaknya atau dibantu obat, padahal hal tersebut dikatakan oleh para ahli merupakan cara yang salah dan berbahaya bagi kesehatan.

Memperbanyak konsumsi makanan dan ditambah menggunakan obat 'penggemuk' merupakan cara yang sering digunakan masyarakat karena mudah dilakukan. Terkait hal tersebut praktisi hidup sehat, dr Phaidon L Toruan, MM, mengingatkan sebenarnya untuk menggemukkan badan dengan sehat tidak ada cara yang instan.

"Minum jamu yang biasanya pake bahan-bahan kimia ataupun makan makanan yang kaya goreng-gorengan juga bisa gemuk tapi enggak akan sehat. Gemuk enggak sehat buat apa," kata dr Phaidon kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (22/10/2014).

Mengonsumsi bahan kimia untuk menggemukkan badan dikatakan oleh dr Phaidon menyimpan resikonya sendiri. Menurutnya ada kemungkinan seseorang akan mengidap moon face atau pembengkakan pada wajah akibat reaksi kimia.

Selain itu, mengonsumsi makanan berlebihan dikatakan oleh ahli berisiko membuat tubuh bertambah berat karena timbunan lemak. Ahli gizi dari Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, mengatakan penambahan bobot yang sehat seharusnya bukan berasal dari lemak.

"Dalam kondisi normal menggemukkan tidak sehat bila dipaksa dengan obat, hormon dan dalam waktu singkat. Tidak pula sehat bila yg ditingkatlan adalah timbunan air atau lemak, harusnya otot yang ditingkatkan," papar Prof Hardin yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia.

Pada intinya, cara tepat dan sehat untuk meningkatkan bobot badan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat seperti dikatakan dr A.R Inge Permadhi, MS, SpGK, ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi FKUI. Konsumsi makanan dan tingkat aktivitas harus terjaga keseimbangannya agar bobot perlahan naik karena otot yang terbentuk bukan lemak.

Obat-obatan bukan merupakan jalan pintas yang disarankan oleh para ahli untuk diambil agar dapat segera memiliki tubuh yang ideal.

"Ya tentunya dengan obat-obatan tadi sangat tidak dianjurkan ya apalagi jika bukan dokter yang memberikan. Lakukan saja pola hidup yang sehat." tutup dr Inge.

(vit/vit)