Rabu, 25 Feb 2015 12:02 WIB

Diet Golongan Darah

Jalani Diet Golongan Darah, Ini Menu Makan Sehari-hari Fifie Buntaran

Diza Liane Syahputri - detikHealth
Fifie Buntaran (dok.detikHot)
Jakarta -

Sudah 11 tahun aktris Fifie Buntaran menjalani diet golongan darah agar tubuhnya makin sehat. Dalam keseharian pun, Fifie lebih banyak mengonsumsi daging putih seperti ayam dan ikan. Selain itu, apa lagi ya menu sehari-hari pemeran film 'Eyang Kubur' ini?

"Selain memilih ayam tanpa lemak, aku juga sering makan umbi-umbian dan kacang-kacangan karena golongan darah A memang sangat cocok dengan asupan makan seperti itu," tutur Fifie saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (25/2/2015).

Di pagi hari, Fifie tidak mengonsumsi 'makanan berat' karena berdasarkan buku diet golongan darah yang ia baca, usus orang dengan golongan darah A tidak bisa bekerja terlalu berat. Alhasil, ia hanya makan buah dan jus aja. Buah apel, pir, srikaya dan pisang dalam diet golongan darah dikatakan Fifie bisa membantu orang bergolongan darah A mengeluarkan asupan makanan yang kemarin, sehingga proses pembuangan makanan lebih cepat.

Baca juga: Studi: Pemilik Golongan Darah AB Lebih Berisiko Alami Gangguan Memori

"Untuk makan siang yang simpel aja. Biasanya nasi pakai ikan goreng atau rebus. Kalau ikan pakai kuah santan bagusnya dihindari bagi yang golongan darah A. Ditambah sayuran hijaunya yaitu brokoli, selada, bayam, dan aku paling suka lalapan. Lalapan pakai sambel itu favorit aku. Untungnya, sambel untuk golongan darah A nggak harus dihindari. Malah bagus, karena sumbernya dari bahan-bahan yang memang dibutuhkan golongan darah A," papar Fifie.

Tetap dengan menu yang simpel, di malam hari Fifie mencontohkan menu makannya terdiri dari nasi dengan perkedel, ikan, tempe, dan tahu lalu ditambah sayur. Biasanya, Fifie makan malam sebelum jam 7 malam. Jika sedang jenuh, wanita 35 tahun ini juga mengonsumsi pisang atau singkong goreng.

Sesekali, ia juga mengasup daging merah agar tidak jenuh dengan menu yang itu-itu saja. Tetapi, bisa dikatakan tempe dan tahu adalah menu wajib Fifie. Pasalnya, kedelai yang menjadi bahan dasar tempe dan tahu merupakan sumber protein yang sangat baik untuk orang dengan golongan darah A. Apalagi, kedelai juga kaya akan antioksidan.

Lalu, bagaimana rasanya menjalani diet golongan darah? "Happy-happy saja, soalnya aku ngerasa jadi makin sehat dengan diet ini. Nutrisi jadi lebih banyak terserap jadi asupan gizinya bikin tubuh nggak lemes," ucap Fifie.

Bahkan, Fifie merasa diet ini tidak membuatnya merasa tersiksa karena tidak terlalu banyak pantangan saat makan hingga ia pun enjoy saja menjalaninya. Ia juga merasa tubuhnya makin sehat. "Itu yang aku butuhkan. Sekarang sudah jarang konstipasi, tidak sakit flu lagi, kulitnya jadi lebih sehat. Awet muda deh pokoknya," tutup Fifie.

Baca juga: Ada Banyak Jenis Diet, Tapi Hasilnya Sama Saja Jika Anda Tak Konsisten

(rdn/up)