Rabu, 26 Agu 2015 08:05 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Jangan Abaikan Kesehatan Kaki! Meski Sering Tertutup, Tetap Harus Dirawat

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Kulit wajah, leher, dan tangan adalah beberapa bagian tubuh yang sering diperhatikan kesehatannya karena mudah terekspos. Namun jangan lupakan juga kulit kaki.

Hampir sepanjang hari kaki tertutup oleh sepatu atau sendal sehingga mungkin hanya sedikit orang yang memerhatikannya. Padahal kondisi kulit kaki itu bisa sangat ekstrem antara terlalu lembab atau malah sebaliknya, kering.

Berbagai masalah kesehatan bisa muncul jika seseorang membiarkan kondisi kaki tersebut seperti dikatakan oleh dr Sari Chairunnisa, SpKK, dari Bamed Skin Care. Jika terlalu lembab kaki rentan berjamur dan bila terlalu kering kaki bisa pecah-pecah.

Baca juga: Kaki Manusia Dihuni Oleh 80 Jenis Jamur yang Berbeda

"Dibersihkan. Ada beberapa orang yang kakinya cenderung kering sehingga sebaiknya memakai pelembab pada kaki setelah mandi," kata dr Sari ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/8/2015).

Kaki sebaiknya dibersihkan dua kali sehari setelah mandi dan selalu dijaga kelembapannya. Namun perlu diingat jangan biarkan kaki terlalu lembap dengan sesekali mencopot alas kaki bila sedang beraktivitas.

Ahli kulit dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali menambahkan kondisi kaki yang lembab menjadi favorit berkembangnya jamur Candida penyebab penyakit kutu air.

"Kaki cukup sering dibersihkan terus jaga kekeringannya. Bisa kasih minyak-minyak yang pewangi itu boleh dilakukan tapi intinya menjaga kaki kering saja. Habis cuci kaki langsung dikeringkan," kata dr Laksmi.

Nah pembaca detikHealth, pada ulasan khas kali ini kita akan membahas seputar kesehatan kulit kaki. Bagi yang penasaran terus perhatikan artikel-artikel berikutnya ya!

Baca juga: Jangan Remehkan Kesehatan Kaki, Ini 4 Cara Menjaganya (fds/up)