ADVERTISEMENT

Rabu, 26 Agu 2015 09:05 WIB

Ulasan Khas Kaki Sehat

Disenangi Jamur, Kaki Lembap dan Jari Dempet Berisiko Kutu Air

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Rasa gatal yang terus datang pada kaki tentu rasanya mengganggu. Bila kulit sudah sampai bersisik waspada karena bisa jadi gejala penyakit kutu air.

Dikatakan oleh dr Sari Chairunnisa, SpKK, dari Bamed Skin Care bahwa selain gatal gejala penyakit kutu air ini di antaranya seperti terjadi erosi, sisik terutama pada sela jari kaki, basah, dan berbau. Awalnya mungkin hanya terjadi di kaki saja tapi lama-lama bila dibiarkan bisa menyebar.

"Misalnya ke kuku atau ke bagian tangan karena menggaruk. tidak berbahaya mengancam nyawa, tetapi apabila didiamkan akan meluas sehingga membutuhkan pengobatan yang lebih lama," kata dr Sari ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/8/2015).

Baca juga: Jangan Abaikan Kesehatan Kaki! Meski Sering Tertutup, Tetap Harus Dirawat

Kaki yang lembab dan kebersihannya tak dijaga adalah faktor utama yang mendorong jamur kutu air ini untuk tumbuh subur. Oleh karena itu seseorang disarankan mengeringkan kaki bila sehabis ke kamar mandi atau sesekali melepas alas kaki.

Ahli kulit dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali mengatakan hal serupa dan menambahkan terkadang ada satu lagi kondisi yang membuat kaki seseorang rentan terkena kutu air. Beberapa orang yang memiliki jari-jari kaki berdempet ia katakan juga bisa berisiko.

"Kadang-kadang bukan karena kaos kaki atau sepatu, ada orang yang punya jari-jari kaki nempel. Mungkin karena bawaan," kata dr Laksmi.

"Itu bisa menyebabkan jamur juga. Jadi karena dia nempel, lembab, jadi menyebabkan kutu air. Itu harus dibuka terus diangin-anginkan. Kalau memang nempel karena sudah anatominya bisa kita kasih kasa atau tisu di antara jari," pungkasnya.

Baca juga: Mandi Saat Tubuh Berkeringat Tak Akan Bahayakan Kesehatan Kok (fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT