Rabu, 25 Nov 2015 13:05 WIB

Cara Sehat Menyikat Gigi

Begini Lho Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat

Sharon Natalia, Jeems Suryadi G, Martha HD - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Menyikat gigi menjadi aktivitas harian yang rutin dilakukan semua orang. Agar rutinitas menyikat gigi optimal menjaga kesehatan gigi dan mulut, adakah ketentuan khusus terkait cara memilih sikat gigi yang tepat?

Menurut Prof Dr Melanie S. Djamil, drg., MBiomed, sebenarnya pemilihan sikat gigi sifatnya individual alias 'cocok-cocokan'. Prof Melanie juga menekankan masyarakat sudah dibekali untuk memiliki sikat gigi yang sesuai dengan besar rongga mulut dan kondisinya, apakah saat dibuka rongganya kecil atau besar.

"Kalau untuk masalah bulu, disarankan orang memilih bulu yang tidak terlalu lembut atau kasar, yang biasa saja, baik itu untuk orang tua maupun untuk anak-anak," kata Prof Melanie saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (25/11/2015).

Guru besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ini menambahkan jika permukaan gigiĀ  berantakan sebaiknya pilih sikat gigi yang lembut. Dengan begitu, bulu sikat bisa masuk ke sela-sela gigi yang susah dijangkau.

Baca juga: Supaya Maksimal, Sikat Gigi Baiknya Berapa Menit?

Untuk pemilihan gagang, bagi anak-anak Prof Melanie menyatankan carilah sikat gigi dengan pegangan kecil alias jangan terlalu besar. Sedangkan, untuk orang dewasa disesuaikan saja dengan kondisi gigi dan mulut. Disarankan, pilih sikat gigi yang memiliki grip atau pegangan.

Dihubungi terpisah, drg Irayani Queency Putri mengatakan baiknya pilih sikat gigi berbulu lembut dan tidak keras agar sikat gigi tidak melukai gusi saat digunakan. Lalu pilih yang bentuknya agak bulat agar tidak melukai gusi.

"Lalu pilih kepala sikat giginya jangan yang terlalu besar agar bisa menjangkau bagian terdalam dari mulut," kata dokter yang praktik di Hendra Hidayat Dental Clinic ini.

Khusus pengguna sikat gigi elektrik, Prof Heriandi Sutadi, drg. SpKGA(K), PhD, pakar kedokteran gigi anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan karena sikat gigi elektrik memiliki kepala yang lebih tebal dari sikat gigi manual, maka harus lebih ekstra dalam membersihkan gigi.

Baca juga: Catat! Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi


(rdn/vit)