Rabu, 23 Des 2015 11:04 WIB

Bibir Sehat Natural

Stop! Kebiasaan Tarik Kulit Bibir Bisa Bikin Luka Berisiko Infeksi

Sharon Natalia - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Topik Hangat Bibir Sehat Natural
Jakarta - Kondisi bibir yang kering umumnya disebabkan oleh adanya iritasi alergi karena bahan-bahan tertentu. Pemakaian lipstik yang tak tepat disebut sebagai salah satu pemicunya.

Bila sudah mulai kering, kulit bibir akan mengelupas dan terlihat pecah-pecah. Nah bagi beberapa orang, hal ini mungkin akan memicu kebiasaan untuk menarik atau mengigit kulit yang sudah mengelupas tersebut.

Dokter spesialis kulit dan kelamin D&I Skin Center Denpasar, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, menyarankan agar seseorang menahan hasratnya untuk menarik kulit bibir yang kering. Kalau kulit bibir sering ditarik maka akan ada risiko luka pada bibir.

Baca juga: Bibir Sering Kering Pecah-pecah, Harus Bagaimana?

"Selain itu kondisi tangan yang kadang kurang bersih bahkan dapat menyebabkan terjadinya infeksi," ujar dr Darmaputra yang akrab disapa dr Darma kepada detikHealth, Rabu (23/12/2015).

"Bahayanya dapat terjadi infeksi lokal, merah, bernanah yang apabila tidak ditangani dengan baik dapat terjadi infeksi seluruh tubuh atau sepsis," lanjut dr Darma.

Produk pelembab bisa dipakai agar kondisi bibir menjadi lebih baik dan tangan juga jadi tak lebih 'gatal' menarik kulit. Namun dr Darma mengingatkan yang paling penting setelahnya adalah mencari tahu bahan apa yang memicu kulit kering sehingga kejadian tak terulang.

"Untuk menghindari kebiasaan tersebut dengan cara segera menggunakan pelembab bibir agar bagian yang mengelupas menjadi lebih halus. Selain itu harus berusaha menahan diri dengan mengingat akibat buruk yang dapat terjadi," pungkas dr Darma.

Baca juga: Punya Bibir Merah Natural, Selain Tanda Sehat Juga Bisa Bikin Lebih Pede (fds/vit)
Topik Hangat Bibir Sehat Natural
News Feed