Rabu, 06 Jan 2016 12:06 WIB

Serba-serbi Hamil Tua

Ibu Hamil, Perhatikan Hal Ini Jika Hendak Melakukan Perjalanan Jauh

Martha HD - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua
Jakarta - Entah karena keperluan dinas atau keluarga, terkadang ibu yang sedang hamil tua harus melakukan perjalanan jauh. Amankah?

Dikatakan dr Alfiben, SpOG dari RS Permata Depok, ibu yang tengah hamil tua sebenarnya tidak apa-apa melakukan perjalanan jauh. Yang penting ibu tidak kecapaian selama perjalanan.

"Bagi ibu hamil yang hendak berpergian dengan pesawat sudah ada peraturan maksimal 34 minggu, namun lebih baik 32 minggu, karena berisiko terjadi kelahiran di pesawat atau risiko lainnya," terang dr Alfiben.

Dihubungi terpisah, dr M. Nurhadi Rahman, SpOG yang akrab disapa dr Adi dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta mewanti-wanti agar sebelum bepergian ibu hamil memastikan kondisinya dan janinnya sehat-sehat saja. Untuk perjalanan darat, sebenarnya tidak ada masalah.

"Namun bagi yang menggunakan transportasi udara, maskapai telah memberikan peringatan batas usia 32 minggu atau 8 bulan. Karena memiliki risiko kontraksi akibat perubahan tekanan udara yang berubah," jelas dr Adi.

Baca juga: Baca juga: Kehamilan Makin Besar, Apa yang Harus Diperhatikan Saat Bercinta? 

Revi (31) salah satu pembaca detikHealth, pernah memiliki pengalaman bepergian ke luar kota saat usia kehamilannya 34 pekan. Saat itu dia harus naik kereta selama sekitar 10 jam dari Jakarta ke Yogyarta karena harus menghadiri acara keluarga.

"Belum lama duduk, rasanya sudah nggak nyaman banget. Sudah itu saya bolak-balik ke kamar kecil lagi. Perjalanan malam hari, sudah ada AC, tapi tetap saja kegerahan," tutur Revi.

Pun ketika perjalanan kembali ke Jakarta. Revi merasa serba salah harus duduk, menyelonjorkan kaki, atau berbaring di kursi. "Di rumah saja kalau mau tidur di kasur sudah nggak nyaman. Apalagi ini di kereta. Saat kehamilan saya 6 bulan juga pernah ke luar kota, ada dinas tapi cuma ke Bogor. Sedikit tidak nyaman juga rasanya," kenang Revi.

Baca juga: Sering Dengar Janin Muda Lagi di Usia Kehamilan 8 Bulan? Itu Mitos!  (vit/up)
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua