Rabu, 06 Jan 2016 18:05 WIB

Serba-serbi Hamil Tua

Sudah Lewat 40 Minggu, Kok Bayi Belum Lahir Juga? Mungkin Ini Sebabnya

Martha Heriniazwi Dianthi - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua
Jakarta - Tak semua ibu hamil bisa mulus mengalami kontraksi dan melahirkan pada waktunya. Beberapa ibu bahkan sudah melewati usia kandungan 40 minggu namun bayi tak kunjung lahir. Mengapa?

Menurut dr Alfiben, SpOG dari RS Permata, suatu kehamilan disebut lewat waktu ketika sudah melewati perkiraan atau 40 minggu. Bahkan lewat 1-2 hari pun sudah bisa dikatakan sebagai kehamilan lewat waktu atau postterm pregnancy. "Misalnya dia harusnya lahir 30 Desember tapi tanggal 1-2 Januari belum lahir juga. Itu termasuk kehamilan lewat waktu," tuturnya kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (6/1/2016).

Kondisi ini menurut dr Alfiben bisa terjadi akibat tidak keluarnya hormon yang berkaitan dengan kontraksi. Selain itu, kehamilan lewat waktu juga bisa terjadi akibat bayi yang terlalu besar sementara pinggul si ibu terlalu kecil.

Baca juga: 'Mendongkrak' Berat Badan Janin Jelang Waktu Melahirkan

Pendapat serupa disampaikan oleh dr Nurhadi Rahman, SpOG dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Menurut dokter yang akrab disapa dr Adi ini, normalnya seorang wanita akan melahirkan pada usia kandungan 40 minggu, namun jika kemudian belum lahir juga maka akan ditunggu seminggu lagi.

"Kalau lebih dari itu harus segara diinduksi atau diberikan obat. Hingga saat ini belum ketahuan sebabnya, namun bisa jadi karena semacam hormon yang belum muncul sehingga bayi tidak benar-benar di pinggul atau karena bayi terlalu besar," tuturnya.

Nah, jika memang dirasa usia kehamilan sudah cukup namun tak juga kontraksi, ibu disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mencari penyebabnya dan menentukan langkah apa yang harus dilakukan agar bayi maupun ibu bisa sehat dan selamat.

Baca juga: Ibu Hamil, Perhatikan Hal Ini Jika Hendak Melakukan Perjalanan Jauh

(ajg/up)
Topik Hangat Serba-serbi Hamil Tua
News Feed