Kamis, 22 Des 2016 13:45 WIB

Hari Ibu 2016

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu Bekerja

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Halaman 3 dari 4
2 2. TPA Artha Wildan Kementerian Keuangan
Foto: Reza/detikHealth Foto: Reza/detikHealth
Topik Hangat Hari Ibu 2016

TPA Artha Wildan berada di dalam kompleks Kementerian Keuangan, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat. Berdiri sejak 2003, TPA Artha Wildan sudah 13 tahun mengasuh anak-anak hingga kini memiliki PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sendiri.

Bunda Susan mengatakan dahulu, TPA Artha Wildan hanya terdiri dari satu lorong saja. Namun meningkatnya peminat membuat kebutuhan ruangan makin banyak. Alhasil, TPA Artha Wilda pun kini mendapat perluasan tempat dan memiliki 10 ruangan.

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu BekerjaFoto: Reza/detikHealth


"Saking banyaknya peminat, sampai ada waiting list di sini karena memang SDM dan ruangan terbatas. Ibu-ibu dari hamil sudah daftar jadi begitu selesai cuti anaknya bisa langsung dititipkan di sini," ungkap Bunda Susan.

TPA Artha Wildan memiliki 4 kelas. Pertama merupakan kelas bayi untuk anak usia dua bulan hingga satu tahun. Karena banyaknya anak yang diasuh, kelas bayi pun memiliki dua ruangan, yakni kelas bayi A dan bayi B.

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu BekerjaFoto: Reza/detikHealth

Setelah 'lulus' dari kelas bayi, anak akan ditempatkan di kelas peralihan. Kelas peralihan merupakan kelas bagi anak usia 1 hingga 2 tahun. Di sini, anak lebih banyak distimulasi motorik kasar dan halus serta kemampuan bicaranya.

Jenjang selanjutnya adalah PAUD yang juga dibagi menjadi tiga kelas, berdasarkan kategori usia. Kelas pertama adalah anak 2-3 tahun, kelas kedua anak 3-4 tahun dan terakhir kelas ketiga anak 4-6 tahun.

Sayangnya, TPA Artha Wildan tidak menerima anak selain dari ibu yang bekerja di Kementerian Keuangan. Selain itu, anak yang diterima pun hanya kelas bayi, kelas peralihan dan kelas PAUD tidak menerima anak karena sudah penuh.

Syarat lainnya adalah anak harus mendapat ASI ekslusif. TPA Artha Wildan sendiri memiliki fasilitas ruang tidur yang cukup nyaman dan luas sehingga ibu bisa memberikan asi langsung saat jam istirahat.

"Jadi kita prioritaskan yang dari bayi, lanjut ke peralihan lalu PAUD. Begitu lulus dari sini, diharapkan anak bisa langsung TK lalu masuk SD. Rasio anak dan gurunya pun sesuai standar, yakni 1 guru atau pengasuh memegang maksimal 4 anak," tambahnya lagi.

Mawar, salah satu pegawai Kementerian Keuangan yang menitipkan anak di TPA Artha Wildan, mengatakan kehadiran TPA ini sangat membantu mengurangi beban stres sebagai ibu bekerja. Memang ada risiko seperti anak rentan tertular penyakit dari temannya atau kelelahan karena harus berangkat pagi dan pulang sore bersama ibu.

Daycare di Kantor, Salah Satu 'Jurus' Minimalkan Stres Ibu BekerjaFoto: Reza/detikHealth

Namun hal itu tertutupi dengan manfaat yang diterima olehnya dan anaknya sendiri. Menurutnya, menitipkan anak di daycare lebih aman karena ia sendiri sulit mencari pengasuh pribadi yang cocok untuk anaknya.

"So far so good ya. Harganya juga sebanding sekitar Rp 1 juta tapi kita nggak khawatir soal keamanan dan keselamatan karena bisa ditengok langsung dan bisa memberikan ASI saat jam istirahat," ungkapnya.

(mrs/up)
News Feed