Kamis, 22 Des 2016 17:00 WIB

Hari Ibu 2016

Pengaruh Anak Dititipkan di Daycare Terhadap Bonding Ibu dan si Kecil

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Ilustrasi daycare (Foto: Reza/detikHealth)
Jakarta - Anak dititipkan di daycare karena ibunya bekerja. Alhasil, selama kurang lebih 9 jam anak tak bertemu dengan ibunya. Hmm, akankah kondisi ini berpengaruh pada bonding ibu dan buah hatinya?

Menanggapi hal ini, psikolog klinis dari Klinik Tiga Generasi, Tiara Puspita MPsi, Psikolog mengatakan anak yang dititipkan di daycare sebenarnya sama dengan anak yang ditinggal di rumah dengan pengasuh atau anggota keluarga lain saat si ibu bekerja.

"Memang ada pengaruhnya terhadap bonding ibu dan anak. Dan ingat bahwa anak memang butuh bonding dengan ibu. Sehingga, ibu perlu meluangkan waktu yang cukup dengan anak ketika berada di rumah," tutur Tiara saat berbincang dengan detikHealth.

Tiara mencontohkan, saat di rumah ibu bisa tidur bersama dengan anak atau melakukan kegiatan bersama anak sebelum tidur. Menyusui langsung pun bisa jadi momen untuk kuatkan bonding ibu dan si kecil lho.

Baca juga: Dekatkan Bonding Orang Tua dan Anak dengan Bermain 'Siapa Cium', Mau Coba?

Ketika menghabiskan waktu bersama anak di rumah, Tiara mengingatkan agar ibu fokus dengan sang anak. Dalam artian, kesampingkan dulu urusan pekerjaan dan lainnya sehingga ibu benar-benar memiliki waktu yang berkualitas dengan buah hatinya.

Menjaga mood ibu agar tetap baik juga perlu dilakukan. Sehingga, saat pulang ke rumah usahakan ibu dalam kondisi santai dan tidak terlampau stres karena banyaknya pekerjaan misalnya.

"Kan kalau ibunya stres dengan pekerjaan kantor bisa kecapekan. Akibatnya, bondingnya berkurang. Misal si ibu nggak mau nyusuin lama-lama. Sehingga, disarankan juga agar ibu bisa fokus mengatur waktu yang lebih bagus dan berkualitas dengan anak," kata Tiara.

Baca juga: Studi Ini Sebut Anak yang Dititipkan di Day Care Lebih Kebal Penyakit

(rdn/up)