detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Rahasia Parfum Awet Wangi

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 29/09/2009 16:15 WIB
(Foto: mirror.co.uk)
Jakarta, Minyak wangi atau parfum sudah menjadi kebutuhan wajib hampir semua orang. Tapi ada kalanya parfum yang digunakan tidak bertahan lama. Mau tahu cara agar parfum awet atau tahan lama dipakai?

Parfum memiliki banyak manfaat bagi orang yang menggunakannya, salah satunya adalah agar tubuh tetap wangi sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Selain itu parfum juga bisa digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Parfum memiliki berbagai macam aroma ada yang menyegarkan, maskulin atau feminin.

Para ahli menyatakan cepat atau lamanya wangi parfum tergantung dari jenis kulit, aroma komposisi dari parfum itu sendiri dan bahkan sinar matahari juga berperan dalam menentukan berapa lama wangi parfum itu bertahan.

Ini dia cara menggunakan parfum agar tahan lama di tubuh, seperti dikutip dari eHow, Selasa (29/9/2009), yaitu:
  1. Bagi yang memiliki kulit kering, sebaiknya mengoleskan pelembab terlebih dahulu sebelum menyemprotkan parfum. Karena kulit yang kering akan membuat aroma parfum lebih cepat menguap.
  2. Oleskan vaselin (krim kulit) tipis-tipis pada bagian tubuh yang terdapat denyut nadi seperti belakang telinga, lutut, leher dan lipatan dalam siku. Ini akan membuat keharuman parfum segar sepanjang hari.
  3. Mengonsumsi suplemen minyak ikan dan air putih yang cukup untuk membantu melembabkan kulit dari dalam. Karena kulit yang lembab akan membuat wangi parfum bertahan lebih lama di tubuh.
  4. Jangan menggosok bagian tubuh yang sudah disemprotkan parfum. Karena parfum yang mengering dengan sendirinya akan membuat aromanya bertahan lebih lama.
  5. Simpan parfum pada tempat yang sejuk, sehingga wanginya tidak berubah dan jangan menyimpan di tempat yang panas atau terkena sinar matahari serta pastikan botol parfum tertutup rapat.

Selain itu, parfum yang dilarutkan dalam etil alkohol, air atau zat lain tidak bertahan lama jika digunakan. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak parfum maka semakin lama parfum tersebut bisa bertahan.

Ekstrak parfum jenis eau de perfume memiliki konsentrasi yang tinggi dan bisa bertahan hingga 6 jam, sedangkan eau de toilette dan eau de cologne memiliki konsentrasi terendah serta wanginya hanya bertahan sekitar 2 sampai 4 jam.

Rekomendasi Obat


(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit