detikhealth

Ikan dengan Kandungan Merkuri yang Boleh Dimakan dan Tidak

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 08/02/2011 16:17 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Ikan merupakan jenis makanan yang banyak digemari oleh masyarakat. Tapi sayangnya beberapa jenis ikan tertentu diketahui mengandung kadar merkuri yang tinggi dan berbahaya bagi tubuh, ikan apa saja itu?

Sebagian besar masyarakat tahu bahwa ikan mengandung protein berkualitas tinggi, sedikit lemak jenuh dan kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk tubuh.

Namun sayangnya hampir semua ikan mengandung jejak merkuri yang bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan. Beberapa ikan diketahui mengandung kadar merkuri tinggi yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan anak-anak.

Untuk itu masyarakat sebaiknya mengetahui jenis ikan apa saja yang mengandung kadar merkuri tertinggi dan juga terendah, seperti dikutip dari NRDC.org, Selasa (8/2/2011) yaitu:

Ikan dengan kadar merkuri paling sedikit (mengandung merkuri kurang dari 0,09 ppm)
Jenis ikan ini masih bisa dinikmati kapan saja karena mengandung merkuri dalam jumlah kecil, seperti ikan teri, ikan lele, udang, ikan salmon baik yang kalengan maupun yang fresh, ikan nila, ikan putih, ikan trout air tawar, ikan whiting dan ikan makerel dari atlantik utara.

Ikan dengan kadar merkuri sedang (mengandung merkuri 0,09-0,29 ppm)
Jenis ikan ini masih boleh dikonsumsi 6 kali atau kurang dalam waktu 1 bulan. Jenis ikannya adalah ikan cod dari alaska, ikan halibut dari atlantik dan pasifik, lobster, tuna kalengan, ikan cakalang dan ikan trout laut (weakfish).

Ikan dengan kadar merkuri tinggi (mengandung merkuri 0,3-0,49 ppm)
Jenis ikan ini masih bisa dikonsumsi tapi maksimal 3 kali atau kurang dalam waktu 1 bulan. Jenis ikannya adalah ikan kerapu, ikan makarel dari spanyol, ikan tuna kuning, ikan sea bass dan bluefish.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit